Anwar Usman Buka Suara Usai Diberhentikan oleh MKMK, Menegaskan Jabatan Hanya Milik Allah

Anwar usman
Sumber :
  • Sumber: dokumentasi MK

SiapAnwar Usman, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), angkat suara setelah diberhentikan oleh Majelis Kehormatan MK (MKMK) karena terbukti melakukan pelanggaran berat kode etik terhadap perilaku hakim konstitusi.

Sentil Kemunduran Demokrasi di Indonesia, Guru Besar UI Sebut Hukum Jadi Alat Politik Penguasa

Anwar Usman dengan tegas menyatakan, 

"Ya iya lah jabatan Milik Allah," saat ditanya oleh wartawan di Gedung MK, Jakarta Pusat, dikutip SiapViva dari ViVa.co.id, Rabu 8 November 2023.

MK Gelar Putusan Dismissal Akui Sulit Loloskan Ambang Batas PPP

Adik Ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini juga mengungkapkan niatnya untuk tetap mengawal sidang-sidang di MK terkait syarat usia calon presiden dan wakil presiden. 

Hari ini, sidang di MKMK digelar sebagai respons terhadap permohonan yang diajukan oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia atas nama Brahma Aryana.

Habib Bahar Janji Oposisi Sampai Mati: Mau Anies, Prabowo, Ganjar, Komeng Nggak Ngaruh!

Jimly Asshiddiqie, Ketua MKMK, dalam pembacaan amar putusan menyatakan bahwa Anwar Usman terbukti melanggar beberapa prinsip, termasuk Prinsip Ketidakberpihakan, Prinsip Integritas, Prinsip Kecakapan dan Kesetaraan, Prinsip Independensi, serta Prinsip Kepantasan dan Kesopanan. 

Namun, Jimly menegaskan bahwa Anwar Usman tidak diberhentikan dengan tidak hormat, sehingga masih bisa mengajukan banding sesuai peraturan MK.

Halaman Selanjutnya
img_title