Ganjar Pranowo Puji Keputusan MKMK: Hukuman Teguran Patut Diapresiasi

Bacapres ganjar pranowo
Sumber :
  • Sumber: viva.co.id

Siap –Calon Presiden Ganjar Pranowo memberikan tanggapannya terkait putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) yang memberikan sanksi teguran lisan secara kolektif terhadap hakim konstitusi Saldi Isra dan Arief Hidayat

Menohok, Ini Kata Ketum GPMN Soal Pernyataan Ganjar Terkait Ketertarikan PDIP ke Anies Baswedan

Dalam pernyataannya di Kantor CSIS, Jakarta Pusat, pada Selasa, 7 November 2023, mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyatakan penghormatannya terhadap keputusan MKMK.

"Hah? hukuman teguran? Ya saya hormati keputusannya," ujar Ganjar.

Sentil Kemunduran Demokrasi di Indonesia, Guru Besar UI Sebut Hukum Jadi Alat Politik Penguasa

Ganjar Pranowo juga menegaskan bahwa ia tidak bisa menilai apakah putusan MKMK yang diketuai oleh Jimly Assiddiqie sudah tepat atau belum, serta apakah putusan tersebut sudah netral atau belum. Ia berpendapat.

"Ya saya hormati saja. Nanti biar ada eksaminasi."

Soal Pidato Megawati di Rakernas, Ganjar: Kalau Saya Sih Melihatnya Jelas

Sebagai informasi, Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menyatakan bahwa hakim MK, Saldi Isra dan Arief Hidayat, terbukti secara bersama-sama melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim. 

Oleh karena itu, Ketua MKMK Jimly Assiddiqie menjatuhkan sanksi berupa teguran lisan terhadap Saldi dan Arief. Mereka dinyatakan melanggar kode etik karena tidak dapat menjaga kerahasiaan dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH).

Halaman Selanjutnya
img_title