Ketika Virus Orde Baru Bermuara pada Batas Usia Capres-Cawapres, Yang Mempengaruhi Jokowi

Presiden jokowi
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber tvonenews.com

Siap –Presiden Joko Widodo, yang selama ini dikenal sebagai pemimpin yang mendukung sistem meritokrasi, kini dihadapkan pada tudingan bahwa ia terpengaruh oleh seorang tokoh dari masa Orde Baru

Menelisik Jejak Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang Dipecat Gegara Skandal Asmara, dari Hotel hingga....

Sosok yang disebut sebagai pengaruh terbesar bagi Jokowi ini menjadi perbincangan hangat di lingkaran politik. Politikus senior dari PDI Perjuangan, Aria Bima, secara tegas menyampaikan keprihatinannya terkait situasi ini.

"Kita tidak ingin virus orde baru, toxic orde baru, ya, toxic relationship orde baru masuk dalam lingkaran Pak Jokowi," kata Bima dalam konferensi pers di Media Centre TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin, 30 Oktober 2023.

PKB Pertimbangkan Lebih Banyak Wakil Anies Cak Imin: Belum Memiliki Niat Memasangkan dengan Sohibul

Menurut Aria Bima, sosok yang saat ini berada di lingkaran pemerintahan Jokowi ini dapat memberikan pengaruh buruk, terutama dalam setiap kebijakan yang diambil oleh Jokowi sebagai pemimpin negara.

 "Kami tidak ingin toxic orde baru di lingkaran pemerintahan Pak Jokowi membawa pengaruh buruk kepada pak Jokowi," tegasnya.

Polemik Judi Online, Menkominfo hingga Wulan Guritno Jadi Sorotan

Salah satu dampak yang dihasilkan dari pengaruh lingkungan "toxic" ini adalah putusan Mahkamah Konstitusi tentang batas usia minimum calon presiden dan wakil presiden.

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Halaman Selanjutnya
img_title