Misteri di Balik Keputusan AHY 'Batal' Jadi Menteri Pak Lurah: Apa yang Dikatakan Rocky Gerung?

Massa demokrat
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber. Viva.co.id

Siap –Isu reshuffle kabinet Jokowi memunculkan spekulasi tentang apakah Partai Demokrat, yang saat ini berada di koalisi dengan Prabowo Subianto yang mendukung Jokowi, akan mendapatkan jatah kursi menteri. 

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

Hingga saat ini, rumor tentang Demokrat mendapat kursi menteri belum terbukti.

Pengamat politik terkemuka, Rocky Gerung, menganalisis peluang Demokrat untuk mendapatkan kursi menteri di masa-masa terakhir pemerintahan Jokowi.

Dituding Rocky Gerung Masuk Angin soal Pilgub Jakarta, Ini Jawaban PKS

"Terlihat bahwa SBY sedang bermain taktik. Orang anggap bahwa AHY seolah-olah akan dimasukkan tapi kemudian dibatalkan. Tapi, bisa sebaliknya SBY nge-prank Jokowi kan," kata Rocky dalam akun YouTube Rocky Gerung Official yang dikutip pada Kamis, 26 Oktober 2023. 

Dia mengemukakan beberapa kemungkinan alasan mengapa kader-kader Demokrat belum terlihat di dalam kabinet pemerintahan.

Pilu, Ibu Kandung Pegi Setiawan Minta Tolong Jokowi Usai Sidang Ditunda, Kami Orang Miskin

Salah satu kemungkinan yang dia tunjukkan adalah bahwa Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sedang menggunakan taktik tertentu. Menurut Rocky, mungkin terlihat seolah-olah AHY akan dimasukkan ke dalam kabinet, tetapi kemudian dibatalkan. Namun, sebenarnya SBY mungkin tengah "nge-prank" Jokowi dengan tujuan tertentu. 

Ia berpendapat bahwa Demokrat bisa saja memiliki agenda untuk menjaga citra partai mereka menjelang Pemilu 2024, sehingga belum menerima tawaran kursi menteri tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title