Pejabat Sementara Bupati Yohanes P. Lani Lakukan Kunjungan Kerja ke Distrik Yefta Pegunungan Bintang

PJS Bupati Yohanes P bersama AKBP Anton Seven lakukan kujungan kerja
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Pejabat sementara (Pjs) Bupati Pegunungan Bintang, Yohanes P. Lani, melakukan kunjungan kerja ke Distrik Yefta. Ia didampingi oleh Kapolres Pegunungan Bintang, AKBP Anton Seven, Komisioner KPUD Divisi Hukum dan Pengawasan, serta enam kepala kampung dari wilayah tersebut.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi terkait tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 sekaligus memantau pelayanan kesehatan di Puskesmas Yefta. Dalam keterangannya, Yohanes menjelaskan empat agenda utama dalam kunjungan tersebut.

Geruduk Disdik Kalbar, Aliansi Masyarakat Sipil Peduli Demokrasi Minta Kadisdik Mundur

 
"Ada empat agenda, yakni sosialisasi tahapan Pilkada, sosialisasi netralitas ASN, serta pengecekan layanan kesehatan di Puskesmas Yefta," kata Yohanes.

Kapolres Pegunungan Bintang juga menyampaikan pesan kepada masyarakat agar turut menjaga keamanan selama proses Pilkada.

"Kami harap masyarakat Distrik Yefta bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif," ujar AKBP Anton Seven.
Sosialisasi Pilkada dan Netralitas ASN

Komisioner KPUD Pegunungan Bintang, Hubertus Bamulki, menegaskan pentingnya menjaga netralitas ASN dalam proses Pilkada. Ia juga menyampaikan bahwa terdapat empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yang akan berkompetisi dalam Pilkada serentak tahun ini.

"Semua pasangan calon adalah putra daerah. Siapapun yang terpilih nanti, itu adalah pilihan rakyat Pegunungan Bintang," tegas Hubertus.

Distrik Yefta merupakan salah satu daerah pemilihan (dapil) 2 di Pegunungan Bintang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Jayapura dan Kerom.
Monitoring Pelayanan Kesehatan

Selain fokus pada sosialisasi Pilkada, Pjs Bupati dan rombongan juga meninjau pelayanan kesehatan di Puskesmas Yefta.

Eks Wagub Jabar Backup Supian Akhiri Rezim Petahana Depok: 20 Tahun Jangan Begini-gini Aja

Dalam kungkernya terdapat empat tenaga medis yang bertugas di Puskesmas ini, termasuk kepala puskesmas. Para tenaga medis menyampaikan sejumlah kebutuhan, seperti mobil ambulans, tempat tidur pasien, akses air bersih, dan fasilitas penyimpanan obat-obatan.

Dalam kinjungnnya mendapat apresiasi dari ASN Pegunungan Bintang yang sedang menempuh studi di luar Papua. Mereka menilai langkah Yohanes sebagai bentuk kepedulian terhadap pelayanan pemerintahan hingga ke tingkat distrik.

"Saya sangat mengapresiasi upaya Pjs Bupati yang melibatkan berbagai pihak untuk memastikan pemerintahan berjalan dengan baik mulai dari tingkat distrik," ujar salah satu ASN.
Ia juga menekankan pentingnya kehadiran pemimpin di lapangan.

"Kehadiran pemimpin seperti ini sangat dibutuhkan agar masalah di distrik bisa didengar langsung dan masyarakat merasa diperhatikan," tambahnya.

Menurutnya, kunjungan kerja seperti ini lebih bermanfaat dibandingkan kegiatan seremonial seperti peresmian lapangan terbang atau acara besar lainnya. Kehadiran pemimpin secara langsung di tengah masyarakat dapat memperkuat koordinasi antara pemerintah dan masyarakat serta mendorong peningkatan kualitas pelayanan pemerintahan dan pembangunan di distrik.

Terbukti 'Ugal-ugalan' Ikut Kampanye, Bawaslu Semprit Wali Kota Depok, Status Diserahkan ke KPU!