Pembangunan Dilanjut, Akademisi UI Optimis 5 Tahun Kedepan IKN Jadi Ibu Kota yang Eksis

Akademisi UI Optimis 5 Tahun Kedepan IKN Jadi Ibu Kota yang Eksis
Sumber :
  • Istimewa

Siap –  Setelah digelar Upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN), kini pembangunan masih terus dilanjutkan. Setelah kepemimpinan Presiden Joko Widodo selesai nanti, maka pembangunan akan dilanjutkan oleh pemerintah baru yaitu oleh Presiden Prabowo Subianto.

Deputi Bidang Transformasi Hijau Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Prof. Mohammed Ali Berawi mengatakan, Presiden Prabowo menyampaikan respon positif untuk melanjutkan pembangunan di IKN.

Presiden Jokowi Tawarkan Investor 493 Bidang Tanah di IKN, Siapa Saja Itu?

Dengan adanya respon tersebut dimaknai sebagai sebuah bukti keberlanjutan program pemerintah.

“Jadi mudah-mudahan dengan adanya respon positif keberlanjutan ini akan membuat sebuah estfate baru bagaimana keberlanjutan program pemerintah secara kontinu dilakukan pemimpin bangsa,” kata di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Senin 16 September 2024.

Dirinya menyambut baik apa yang menjadi respon positif Presiden terpilih Prabowo Subianto. Harapannya, dengan adanya keberlanjutan akan mempercepat kemajuan bangsa.

“Ini sebuah hal baik, harapannya memang keberlanjutan program pemimpin akan mempecepat kemajuan Indonesia,” ujarnya.

Saat ini kata Ale sapaan akrabnya, pembangunan massif dilanjutkan di IKN. Baik pekerjaan fisik maupun dalam membangun Kota Cerdas.

Menteri Kader PDIP Kembali Kena 'Sikat' Jokowi, Pengamat: Bukan Kepentingan Negara



“IKN telah sukses melakukan upacara HUT RI, saat ini kembali bagaimana pekerjaan yang sempat tertunda sedang massif diselesaikan, baik pekerjaan fisik maupun terkait kota cerdas. Dan kita harapkan target 2024 dapat diselesaikan dengan baik dan sukses sesuai harapan,” ungkapnya.

Ale yang juga akademisi UI itu menyebut, dengan dibangunnya IKN maka terbentuk pusat pertumbuhan ekonomi baru dan menjadi pengembangan teknologi pengembangan pengetahuan. Sehingga ke depan Indonesia jadi Negara maju di tahun 2045.

“Wujud konkritnya adalah melalui pembangunan IKN ini,” katanya.

Di sisi lain dia juga berharap akan makin banyaknya partisipasi dari investor dan masyarakat sehingga banyak kalangna yang merasa memiliki IKN.Dengan demikian, akan dapat tumbuh secara organik sebagai sebuah kota.

“Semakin banyak rasa kepemilikan maka harapannya IKN akan dapat tumbuh secara organik sebagai sebuah kota yang kedepannya selain dukungan dari pemerintah maka secara massif investasi akan masuk di IKN,” tukasnya.

Di tempat yang sama, mantan Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago meyakini kurun lima tahun ke depan, IKN akan menjadi Ibu Kota yang eksis. Saat ini pembangunan pun masih terus berlangsung dan berlanjut.

“Saya meyakini lima tahun ke depan, IKN akan eksis menjadi Ibu Kota,” kata Andrinof yang juga akademisi UI itu.