Waspada Banjir Rob! Prakiraan BMKG akan Terjadi Hujan Lebat Disertai Petir di Beberapa Kota Ini

Ilustrasi petir menyambar BMKG
Sumber :
  • pixabay.com

Siap – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan ringan, sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di sejumlah kota di Indonesia pada Sabtu, 7 September 2024.

Prediksi BMKG Sejumlah Kota bakal Diguyur Hujan, Mana Saja?

Prakirawan BMKG Nurul Iza Fitria mengatakan bahwa secara umum angin di wilayah Indonesia didominasi dari arah timur tenggara dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 km per jam.

Pihaknya memprakirakan beberapa kota besar akan berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, yakni Medan, Padang, Tanjung Selor, Mamuju, Nabire, Jayawijaya.

Hari Ini Gempa Mengguncang Bandung, Begini Kondisinya

Beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Banda Aceh, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Bengkulu, Lampung, Serang, Denpasar, Mataram, Pontianak, Samarinda, Palangkaraya, Banjarmasin, Gorontalo, Kendari, Makassar, Manado, Ternate, Sorong, Ambon, Jayapura.

Adapun beberapa kota besar diprakirakan hanya akan mengalami kondisi berawan pada hari ini, meliputi Palembang, Pangkal Pinang, Jambi, Jakarta, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Kupang, Palu, Manokwari, Merauke.

Jalan Penghubung Dua Desa di Landak Longsor, Warga Diminta Waspada

Lebih lanjut untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya berada di kisaran 0.5 hingga 2.5 m. BMKG juga memberikan imbauan waspada banjir rob di wilayah pesisir Sumatra Utara.