Strategi Optimalisasi Atasi Pencemaran Laut dengan Teknologi Kapal Pembersih Sampah dari Idham Aulia

Idham Aulia Teknologi Kapal Pembersih Sampah
Sumber :
  • SA

Siap – Indonesia merupakan negara maritim. Karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan laut. Kondisi itu menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki potensi besar di bidang kelautan. Dengan kondisi laut yang begitu luas berpotensi juga timbul nya permasalahan yang terjadi di laut Indonesia.

Sampah dan Macet di Depok Semrawut Pemkot Tak Punya Solusi?, Supian Suri Siap Selesaikan

Wilayah laut merupakan kawasan yang mudah sekali tercemar. Pencemaran yang terjadi di lautan ini disebabkan oleh sampah dan buangan limbah yang berasal dari darat seperti limbah industri, limbah pertanian maupun dari limbah rumah tangga.

Salah satu limbah yang menyebabkan pencemaran laut cukup besar dan yang sekarang ini menjadi perhatian dari masyarakat adalah limbah plastik dari industri, pertanian maupun rumah tangga.

Akhirnya Pemkot Depok Cicil Angkut Gunungan Sampah di Pasar Kemirimuka: Kita Berikhtiar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa plastik menjadi salah satu masalah besar bagi laut dunia khususnya di Indonesia.

Barang-barang yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti kantong plastik, sedotan, styrofoam, dan sampah rumah tangga lainnya, kerap kali sengaja dibuang di aliran sungai atau got, yang kemudian mengalir ke sungai, dan berakhir di laut.

Siapkan Strategi Supian Suri Komitmen Atasi Persoalan Sampah dari A-Z yang Ada di Kota Depok

Tak dipungkiri bahwa manusia telah ketergantungan dengan plastik. Selain mudah diproduksi dan tahan lama, harga jual plastik juga relatif terjangkau harganya.

Menanggapi hal tersebut, sekarang ini terdapat beberapa kebijakan simpel di beberapa daerah seperti pengadaan plastik berbayar, peniadaan sedotan plastik di berbagai restoran, serta penggalakan penggunaan barang ramah lingkungan.

Halaman Selanjutnya
img_title