Pagi Ini Presiden Jokowi Rombak Kabinet Transisi Pemerintahan Prabowo, Nasib PDI Perjuangan?

Foto Jokowi dan Prabowo
Sumber :
  • Istimewa

SiapPresiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet, Senin (19/8). Selain menteri, Jokowi juga akan melantik wakil menteri dan kepala badan.

Soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang, Menkominfo Angkat Bicara: Enggak Ada Itu dari Temannya

"Tunggu saja pukul 09.30 WIB nanti ya," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan di Jakarta, Senin, 19 Agustus 2024.

Ari belum membeberkan siapa saja menteri yang bakal dilantik dan diberhentikan. Menurut Ari, reshuffle dilakukan untuk mendukung transisi pemerintahan dari Presiden Jokowi kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Hubungan Prabowo dan Jokowi Mulai Retak, Saling Bongkar Kasus Besar?

"Pengangkatan Menteri, Wakil Menteri, dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar, dan efektif," katanya.

Jokowi dikabarkan akan melantik dua orang kepala badan, salah satunya ialah kepala Badan Gizi Nasional. Badan Gizi Nasional baru dibentuk melalui Perpres 82/2024 yang diteken Jokowi pada 15 Agustus 2024.

Rakuman Daftar Keunggulan Supian Suri dan Chandra Rahmansyah untuk Arungi Pilkada Depok 2024

Selain itu, kabar yang beredar ada sejumlah menteri yang direshuffle. Yasonna Laoly sendiri dikabarkan akan kehilangan kursi Menteri Hukum dan HAM. Kursi politikus PDI Perjuangan itu disebut akan digantikan oleh politikus Gerindra Supratman Andi Agtas.

Menteri ESDM Arifin Tasrin dikabarkan akan diganti Bahlil Lahadalia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Investasi. Sementara, posisi Menteri Investasi akan diisi oleh Rosan Roeslani yang sebelumnya adalah Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.