Prakiraan BMKG Hari Ini Sebagian Besar Kota Indonesia Diguyur Hujan dan Cuaca Ekstrem

Ilustrasi petir menyambar BMKG
Sumber :
  • pixabay.com

Siap – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia pada hari ini, Senin, 19 Agustus 2024 bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga cuaca ekstrem yang disertai kilat dan angin kencang.

BPBD DKI Jakarta Rilis 10 Wilayah di Ibu Kota yang Berpotensi Longsor Pada September, Ini Sebarannya

Menurut Prakirawan Eriska, daerah konfluensi berada di perairan utara Pulau Kalimantan, Laut China Selatan, Laut Natuna Utara, perairan utara Maluku Utara, dan perairan utara Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Waspada Banjir Rob! Prakiraan BMKG akan Terjadi Hujan Lebat Disertai Petir di Beberapa Kota Ini

BMKG memprakirakan beberapa kota besar berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, yakni Padang, Tanjung Pinang, Pontianak, Mamuju, Sorong, Nabire, Jayapura, Jayawijaya, dan Merauke.

Sementara itu, beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Samarinda, Tanjung Selor, Gorontalo, Manado, Palu, Ternate, Ambon, dan Manokwari.

Prediksi BMKG Sejumlah Kota bakal Diguyur Hujan, Mana Saja?

Kondisi berawan akan terjadi di Palembang, Lampung, Pangkal Pinang, Jakarta, Serang, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Mataram, Denpasar, Kupang, Banjarmasin, Palangka Raya, Makassar, dan Kendari.

Untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya berada di kisaran 0.5 hingga 2.5 m. BMKG juga mengimbau waspada tinggi gelombang 2.5 hingga 4 meter di wilayah perairan Samudra Hindia Barat Daya Lampung.

Halaman Selanjutnya
img_title