Gibran Rakabuming Bakal Cawapres? Kontroversi Pernyataan Anwar Usman Guncang Publik!

Anwar usman
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber tvonenews.com

Siap –Hari ini, Mahkamah Konstitusi (MK) berencana memutuskan uji materi batas usia capres-cawapres, termasuk gugatan yang diajukan oleh Partai Solidaritas Indonesia. 

Sentil Kemunduran Demokrasi di Indonesia, Guru Besar UI Sebut Hukum Jadi Alat Politik Penguasa

Polemik tersebut semakin memanas setelah pernyataan kontroversial Ketua MK Anwar Usman dalam kuliah umum di Semarang pada 9 September 2023 lalu.

Anwar Usman secara tersirat memberikan indikasi bahwa MK mungkin akan mengabulkan gugatan terkait batas usia capres-cawapres untuk mereka yang berusia di bawah 40 tahun.

Projo Dijadwalkan akan Menggelar Kongres Pada Akhir Tahun , Bakal Jadi Partai dan Jokowi Ketum?

Pidato ini mencuatkan dugaan keterlibatan politik dalam putusan MK, terutama terkait dengan Gibran Rakabuming, adik ipar Presiden Jokowi, yang disebut-sebut sebagai calon wakil presiden potensial di Pilpres 2024.

Dalam wawancara, Anwar Usman menyinggung perbandingan dengan pemimpin muda lainnya, termasuk Perdana Menteri Inggris.

PAN Optimis bakal Dapat 6 Kursi Menteri Kabinet Prabowo

Namun, video yang diunggah oleh @NarasiNewsroom menunjukkan bahwa pernyataannya dianggap bertentangan dengan Kode Etik dan Perilaku Hakim Konstitusi.

Reaksi publik pun bermacam-macam. Putri mantan Presiden Gus Dur, Alissa Wahid, mengajukan pertanyaan kritis melalui Twitter, menyoroti apakah pernyataan tersebut benar-benar terkait dengan upaya mengubah batas usia capres-cawapres.

Halaman Selanjutnya
img_title