Usai di Demo, Kejati Kalbar Umumkan 5 Perkara Korupsi, Ada Dana Hibah Pemprov Kalbar

Mahasiswa Demo Kejati Kalbar Kasus Dana Hibah Mujahidin Pontianak
Sumber :
  • Ngadri/Siap.viva.co.id

Siap – Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, Edyward Kaban memaparkan capaian kinerja selama periode bulan Januari hingga Juli di Kantor Kejati Kalbar Jalan Ahmad Yani, Pontianak Selatan, Provinsi Kalimantan Barat, pada Senin 22 Juli 2024.

Praktisi Hukum: Siapapun Boleh Kawal Kasus Dugaan Korupsi Gedung Tower IAIN Pontianak

‘’Pada periode Januari hingga Juli 2024, Kejati Kalbar telah menangani Tindak Pidana Khusus sebanyak 7 perkara dan sudah masuh ke tahap penyidik 5 perkara,’’jelas Edyward Kaban kepada sejumlah wartawan.

Kejati Kalbar mengatakan, lima kasus tindak pidana khusus yang yang sudah ke tahap penyidikan, adalah bantuan dana hibah Pemkab Sintang terhadap gereja GKE Perta Sintang tahun 2017.

Kadem IAIN Pontianak Menyayangkan Gerakan Oknum Mahasiswa Demo Kejari Pontianak

Kemudian dugaan penyimpangan penggunaan bantuan dana hibah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kepada pihak Yayasan Mujahidin Pontianak untuk tahun anggaran 2019, 2020, 2021 dan 2023.

‘’Selanjutnya, dugaan tindak pidana korupsi pada Perkembangan Pekerjaan Bandar Udara Rahadi Oesman Ketapang, Kalimantan Barat APBN Tahun 2023. Dan dugaan tindak pidana korupsi pengadaan tanah seluas 7.893 meter persegi pada Bank Pembangunan Daerah (Bank Kalbar) di Jalan Ahmad Yani, Jalan Paris I, Kota Pontianak Tahun 2015,’’tambahnya.

Jalan Panjang Kasus Korupsi Proyek Gedung UPN Veteran Jakarta di Depok

Kemudian dugaan tindak pidana korupsi dana bantuan operasional kesehatan UPTD Puskesmas di Kabupaten Melawi tahun 2023.

‘’Lima perkara dugaan tindak pidana korupsi tersebut kini masih dalam proses,’’ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title