Bentuk Kepedulian Masyarakat, FKG UI Edukasi Kesehatan di Kampung Ilmu Purwakarta

Fakultas Kesehatan Gigi (FKG) memberikan edukasi kesehatan
Sumber :
  • Istimewa

Siap –  Universitas Indonesia melalui Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kesehatan Gigi (FKG) memberikan edukasi kesehatan dan palayanan Kesehatan.

Protes soal Larangan Berhijab, Dokter Diani Kartini Ternyata Bukan Dokter Biasa, Nih Bocorannya

Kegiatan tersebut dilakukan untuk para pelajar dan masyarakat sekitar di Kampung Ilmu, Cisarua, Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat pada Rabu (17/7/2024).

Dalam kegiatan Pengmas Fakultas Kesehatan Gigi (FKG), puluhan mahasiswa dan  didampingi para dosen memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan untuk para pelajar dan masyarakat sekitar.

Sebanyak 900 penerima manfaat yang terdiri dari pelajar  SDN 01 CIsarua, SDN 02 Cisarua, SMPN Tegalwaru, SMKN Tegalwaru, Guru, Kader, apparat desam komunitas lansia dan warga Tegalwaru.

Dalam bakti sosial ini, berbagai pelayanan kesehatan diberikan kepada masyarakat, mulai dari edukasi kesehatan umum, edukasi kesehatan gigi dan mulut, hingga edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian Dan Kemahasiswaan FKG UI, Ria Puspitawati menjelaskan, kegiatan Pengmas di Kampung Ilmu Purwakarta sudah berlangsung tiga kali.


“Kegiatan ini pertama kali diadakan Tahun 2022, awalnya dapat informasi dari Pak Imam Prasodjo, bawa wilayah ini perlu dibantu baik dari edukasi maupun pelayanan gigi dan mulut,” kata Ria di lokasi.

Pengmas FKG UI ini menghadirkan sejumlah kegiatan seperti pengobatan umum dan khitanan massal oleh Fakultas Kedokteran (FK) UI.

“Konsep panjang ya kami ingin menjadikan Kampung Ilmu sebagai desa binaan, artinya kami tidak hanya memberikan layanan kesehatan satu kali atau beberapa kali insidental, tapi kami ingin memberikan program berkesinambungan,” ungkapnya

Diperkuat 9 Parpol, Supian Chandra Makin Pede Libas Petahana Depok: Rakyat Ingin Perubahan!

Fakultas Kesehatan Gigi (FKG) memberikan edukasi kesehatan

Photo :
  • Istimewa



Pengmas UI Disambut Hangat oleh Warga Desa Cisarua Purwakarta

Momen Haru Brimob Peluk Demonstran: Kami Juga Mau Demo, Cuma Kami Terhalang Seragam


Kegiatan ini mendapat tanggapan antusias dari masyarakat. Warga Kampung Ilmu, Desa Cisarua, berbondong-bondong mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis ini.

Weng Suhaili, tokoh masyarakat Desa Cisarua, mengaku senang dengan digelarnya pengmas UI ini.

"Tentunya kami merasa senang dan bahagia. Kami ucapkan terima kasih kepada FK, FKG, dan FIK UI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini," kata Weng di Kampung Ilmu, Desa Cisarua, Purwakarta, Rabu (17/7/2024).

Dalam kegiatan Pengmas tersebut, mahasiswa dan dosen FKG UI memberikan layanan pemeriksaan gigi dan mulut secara gratis.

Halaman Selanjutnya
img_title