BMKG Sebut Sejumlah Kota bakal Dilanda Cuaca Ekstrem, Mana Saja?

Ilustrasi cuaca ekstrim di Jabodetabek dan prediksi BMKG
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut sejumlah kota besar di Indonesia bakal dilanda cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai kilat pada Jumat, 5 Juli 2024.

Breaking News: Gempa Mengguncang Bumi Maluku Senin Sore, Begini Kondisinya

Berdasarkan laman resmi BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di sekitar Selat Kalimata yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat, dari Laut Jawa hingga Sumatra Selatan, dari Jawa Tengah hingga Banten, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, dari Papua Pegunungan hingga Papua.

Adapun beberapa kota besar yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang, yakni Medan, Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, Jambi, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Bandung, Yogyakarta, Serang, Palangkaraya, Manado, Palu, dan Ambon.

Breaking News! Cianjur Kembali Diguncang Gempa Darat: Ya Allah Ngeri

Beberapa kota besar lainnya akan mengalami hujan ringan hingga sedang, yaitu Bengkulu, Semarang, Mataram, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Gorontalo, Makassar, Kendari, Ternate, Manokwari, dan Jayapura.

Sementara, kondisi berawan pada hari ini, meliputi Banda Aceh, Palembang, Surabaya, Kupang, Denpasar, Tanjung Selor, dan Mamuju.

Breaking News: Cianjur Diguncang Gempa Usai Magrib, Begini Kondisinya

Secara khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprakirakan seluruh wilayah akan mengalami kondisi cuaca hujan mulai dari sedang hingga lebat dengan disertai petir pada siang hari. Pada malam hari, seluruh wilayah DKI mengalami kondisi berawan hingga hujan petir di Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu.

Untuk prakiraan tinggi gelombang air laut di wilayah Indonesia, BMKG memprakirakan umumnya berada di kisaran 0,5 hingga 2,5 m. BMKG juga memberikan imbauan waspada potensi banjir rob di wilayah pesisir Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Banten, Jawa Timur, Jakarta, dan Nusa Tenggara Timur.