Dibalik Tirai: Banyak Lahan Pemkot Depok Disewakan untuk SDIT, Berikut Faktanya!

Ilustarsi mafia tanah
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber. Istimewa

Siap –Sejumlah aset Pemerintah Kota Depok rupanya telah lama disewakan, mayoritas dijadikan sarana sekolah dasar tingkat swasta berbasis Islam terpadu (SDIT). 

20 Tahun Dipimpin PKS Depok Banyak Keluhan, PKB Yakin SS Mampu Bawa Perubahan

Kabid Pengelolaan Aset Kota Depok, M. Dini Wizi Fadly, mengakui praktik penyewaan tersebut sebagai sesuatu yang halal, sejalan dengan aturan barang milik daerah.

"Penyewaan lahan untuk sekolah itu kan sesuatu yang halal, ada dalam aturan barang milik daerah, dan itu kebanyakan givent (diberikan) yang sampai pada kita," ujar Fadly. Menurutnya, penyewaan tersebut sudah berlangsung lama dan menjadi bagian dari kebijakan yang telah dijalankan.

Transaksi Hewan Kurban di Depok Mencapai Rp 286 Miliar pada Iduladha 2024, Imam Budi: Berkah

Namun, terdapat beberapa lahan fasilitas sosial dan umum yang awalnya diarahkan untuk sarana pendidikan, kini dikembangkan dan disewakan sebagai sarana sekolah swasta.

 Fadly mengungkapkan beberapa pengelola sekolah swasta enggan menyewa lahan tersebut karena minimnya jumlah murid.

3000 Umat Islam di Depok Gelar Shalat Idul Adha di Depan Gereja Betel Indonesia

"Sekolah di Depok terpaksa di merger, terutama sekolah dasar. Hati-hati pasangan sekarang, karena fenomena kurangnya anak berdampak pada keberlangsungan sekolah," tegas Fadly.

Fadly tidak mengetahui secara pasti jumlah total aset Pemkot Depok yang disewakan sebagai sekolah swasta, namun membantah jika mencapai puluhan SDIT. 

Halaman Selanjutnya
img_title