BPBD DKI Jakarta Merilis Peringatan Dini untuk Mewaspadai Potensi Banjir Rob 8–12 Mei

BPBD DKI Jakarta Merilis Peringatan Dini untuk Mewaspadai
Sumber :
  • istimewa

Siap – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menghimbau warga yang tinggal di daerah pesisir Ibu Kota untuk mewaspadai potensi banjir pesisir atau rob.

Pemkot Depok Biayai Kontrakan untuk Warga yang Rumahnya Terendam Banjir

Seperti dilansir dari laman resminya, BPBD DKI Jakarta memprediksi fenomena alam ini bakal terjadi pada 8 hingga 12 Mei 2024. 

"Waspada banjir pesisir Provinsi DKI Jakarta durasi 8-12 Mei 2024," tulis BPBD DKI Jakarta di akun sosial Instagram @bpbddkijakarta

Update Pasca Gempa Garut: 151 Rumah Rusak Pemkab Terbitkan Surat Penetapan Status Tanggap Darurat

Peringatan dini tersebut dikeluarkan BPBD DKI Jakarta terkait adanya fenomena fase bulan baru pada tanggal 8 Mei 2024 yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut.

Lebih lanjut, BPBD DKI Jakarta meminta warga yang tinggal di wilayah pesisir Jakarta untuk bisa mengantisipasi dampak pasang air maksimum air laut yang berpotensi mengakibatkan banjir pesisir/rob.

BPBD DKI Jakarta Merilis 9 Wilayah Ibu Kota yang Diprediksi Berpotensi Banjir Pesisir atau Rob

"Diimbau agar masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut yang berpotensi mengakibatkan banjir pesisir," ungkapnya.

"Pantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112," lanjutnya.