Korlantas Tetapkan Pelabuhan Ciwandan sebagai Arus Mudik 2024

Pelabuhan Ciwandan.
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menetapkan Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, akan dipakai sebagai salah satu pelabuhan untuk arus mudik 2024.

Jumat Malam, Arus Mudik di Pelabuhan Merak Mulai Merayap

Pelabuhan yang berlokasi 20 kilometer ke arah selatan dari Pelabuhan Merak itu, digunakan sebagai jalur mudik menuju Pelabuhan Bakauheni, Pulau Sumatra. 

Pada arus Lebaran 2023, pelabuhan itu digunakan dengan status sebagai pelabuhan alternatif.

Antisipasi Macet Lebaran 2024, Begini Persiapan Tol Cipali dan Tol Tangerang-Merak

"Jadi memang tidak situasional seperti tahun lalu, tapi akan kita mantapkan, kita sudah tetapkan," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Slamet Santoso seperti dikutip, Selasa, 5 Maret 2024.

Dia menjelaskan pada Lebaran 2024 ini ada tiga pelabuhan yang bakal difungsikan untuk arus lebaran, di antaranya Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, dan Pelabuhan BBJ yang berlokasi di kawasan industri Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten.

Korlantas Polri Siapkan Strategi Antimacet Rekayasa Lalu Lintas Natal Menjelang Puncak Arus Balik

Menurutnya, Pelabuhan Ciwandan bakal difungsikan untuk mengangkut kendaraan roda dua dan kendaraan besar yang masuk ke dalam Golongan VI dan VII, sedangkan Pelabuhan BBJ bakal digunakan untuk mengangkut kendaraan besar Golongan VIII ke atas.

"Kesiapan sarana prasarana yang ada di Ciwandan, baik itu sarana umum, misalnya toilet kemudian untuk tempat istirahat, tenda dan sebagainya sudah kita persiapkan dengan baik," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title