Cegah 'Serangan Fajar', Bawaslu Bakal Gelar Patroli Bersama

Ilustrasi Bawaslu Depok pecat Panwascam
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta bakal menggelar patroli bersama demi mencegah 'serangan fajar' jelang Pemilu 2024.

Kantongi SK DPP PKB, Supian Suri Tegas Ingin Jadi Wali Kota Depok, Bukan Kelompok

Koordinator Divisi Pencegahan Bawaslu DKI Burhanudin mengatakan bahwa patroli tersebut bakal mulai dilakukan pada Selasa, 13 Februari 2024 malam.

"Kita akan ajak teman-teman media untuk turun bersama patroli untuk memastikan wilayah Jakarta tak ada politik uang," kata Burhanudin seperti dikutip, Selasa, 12 Februari 2024.

Ini Bocoran Bawaslu soal Daerah Rawan Pelanggaran di Pilkada, Depok Urutan Berapa?

Pihaknya sudah mengidentifikasi bahwa biasanya politik uang terjadi menjelang pemungutan suara. "Nah, kita akan patroli mulai Selasa malam hingga Rabu pagi (14/2)," katanya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum dan Diklat Bawaslu DKI Sakhroji mengatakan, patroli pengawasan politik uang tak hanya dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan dan PKD, melainkan juga petugas Pengawas TPS.

Deolipa soal Dalih ASN Depok di Acara Deklarasi IBH: Wali Kota Harusnya Dikonfrontir

"Dalam Bimbingan teknis (Bimtek) PTPS sudah disampaikan bahwa mereka akan membantu Bawaslu untuk melakukan pengawasan di TPS-nya, termasuk pelanggaran adanya politik uang," kata Sakhroji.

Bila ditemukan pelanggaran politik uang, maka PTPS bisa melaporkannya ke jenjang yang berada di atasnya atau melalui WA Center.

Halaman Selanjutnya
img_title