ASASI Bongkar Tantangan Pemilu 2024, Apa Itu?

Ilustrasi ASASI sorot dinamika politik di Pemilu 2024
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Akademisi dan Saintis Indonesia (ASASI) menggelar webinar dengan tema Two Hours With ASASI: Mewujudkan Pemilu Jurdil, Bisakah?

Ini Bocoran Bawaslu soal Daerah Rawan Pelanggaran di Pilkada, Depok Urutan Berapa?

Sejumlah pakar hukum dan politik memberikan pandangannya mengenai pemilu. Ini merupakan kontribusi ASASI sebagai bagian komponen bangsa mengawal amanat konstitusi Undang-Undang Dasar Negera RI 1945 khususnya Pasal 22 E.

Ketua ASASI yang juga dosen Sekolah Farmasi ITB, Prof. Elfahmi Yaman mengatakan, webinar bertujuan untuk menggugah kesadaran publik dan pencerdasan serta upaya peningkatan literasi politik seputar pelaksanaan pemilu 2024. 

Sentil Kemunduran Demokrasi di Indonesia, Guru Besar UI Sebut Hukum Jadi Alat Politik Penguasa

Dikatakan, kontribusi ini tidak terlepas sebagai bagian dari tanggung jawab keilmuan seorang akademisi dan saintis kepada masyarakat luas. 

“Publik memberikan perhatian yang besar terhadap hasil keputusan Mahkamah Konsitusi yang baru lalu, yang dinilai banyak kalangan mengandung nuansa konflik kepentingan yang kuat. Meskipun sudah barang tentu, keputusan Mahkamah Konstitusi tersebut bersifat final,” katanya pada Rabu 24 Januari 2024.

Kasih Sayang Kaesang Pangarep Pada Erina Gudono yang Tengah Hamil Anak Pertama, Ngidam Rasa Politik

Dia mengingatkan, proses pemilu yang sesuai dengan amanat konstitusi yaitu pemilu yang jujur dan adil menjadi kunci dalam proses transformasi kepemimpinan bangsa serta titik awal yang menjadi penentu dalam tata kelola negara yang berkualitas dan baik. 

“Sederhananya hanya proses yang baik yang bisa diharapkan memberikan hasil yang baik yang akan memberikan manfaat sebaik-baiknya untuk rakyat,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title