Lukman Hakim: 300 Pelaku Usaha Ultra Mikro Pilih Pemimpin Peduli UMKM

Potrer Lukman Hakim
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Juru Bicara Aktivis 98, Lukman Hakim Pilliang (Lukman) bersama Rumah Bersama Pelayan Rakyat (RBPR) Jakarta menggelar Program Relawan Menjemput UMKM di Warakas, Jakarta Utara, Sabtu (13/01) melakukan dialog penguatan dan bimbingan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Pemerintah Minta Pelaku UMKM Dituntut Melek Teknologi

Dalam kesempatan tersebut, sekitar 300 orang didominasi ibu-ibu pelaku usaha mikro menuntut pemimpin ke depan jangan obral janji peduli UMKM.

Lukman, menyadari pelaku usaha ultra kecil dan mikro meski berkontribusi besar menopang perekonomian bangsa.

Sekda Depok Buka Bazar, Camat Eman Hidaya Orang Dibalik Pembentukan Pengurusan UMKM Cimanggis

Namun, habitus penguasa menempatkan mereka sebagai kelas terpinggirkan dan cenderung sebagai obyek politik bukan sebagai subyek yang benar-benar diperhatikan.

Kepemimpinan ke depan menjadi modal penting bagi mereka untuk berkembang.

Fokus Pemkot Depok Sejahterakan Masyarakat, Supian Suri Harap PEKKA Mampu Beri Penghasilan Tambahan

“Ibu-Ibu percayalah kita adalah salah satu penopang besar perekonomian negara. Jumlah kita menyentuh 64 juta jiwa lebih, dan menyumbang 99,62% dari unit usaha negara. Jangan berkecil hati, jangan terbuai dengan janji-janji politik. Memilih pemimpin ke depan adalah pemimpin yang memiliki rekam jejak konsisten, peduli menuntun kita menjadi pengusaha mandiri untuk kesejahteraan anak dan keluarga,” katanya.

Lukman yang juga dosen salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta menyatakan, hanya sedikit pempin yang konsisten terjun dalam pemberdayaan UMKM khususnya pelaku usaha kecil dan ultra mikro. Banyak janji politik yang gagal dalam pelaksanaan.

Halaman Selanjutnya
img_title