Dukung Petani Lokal, Ini Instruksi Presiden Jokowi untuk Kementan hingga TNI

Presiden Jokowi instruksikan Kementan hingga Babinsa dukung petani
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Kementerian Pertanian (Kementan) terus bergerak guna melakukan pembinaan penyuluh pertanian di berbagai daerah. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi guna meningkatkan kualitas pangan di Indonesia. 

Euro 2024: Meski Bertabur Pemain Bintang, Belgia Tersungkur di Grup E Usai Dikalahkan Slovakia

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan, saat ini Indonesia sedang mengalami krisis pangan, dan ini terjadi di banyak negara lainnya. 

Menurut data yang dihimpun Presiden Jokowi, hal itu disebabkan banyak faktor, di antaranya pandemi, perang Ukraina dengan Rusia, perubahan iklim, el nino. Kekinian, soal konflik bersenjata yang terjadi antara Israel dan Palestina.

Di Bawah Teror Zionis Israel, Begini Kondisi Salat Iduladha di Masjid Al-Aqsa

Sederet hal itu menyebabkan kelangkaan bahan dasar pupuk, peningkatan harga minyak dunia hingga gagal panen.

Namun demikian, Jokowi berjanji, pemerintah tak akan tinggal diam dengan kondisi ini. 

Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Sidak Penjual Hewan Kurban

Ia telah menginstruksikan Mentan Andi Amran dan jajaran Kementan untuk berjuang semaksimal mungkin, guna mendongkrak kinerja kaum petani. Salah satunya fokus penanganan pupuk.

"Urusan pupuk akan menjadi fokus Kementan. Mentan akan mengkontrol supply pupuk akhir Desember 2023 hingga awal Januari 2024. Subsidi pupuk akan kami tambah," janji Presiden Jokowi dihadapan puluhan ribu petani, penyuluh dan Babinsa di alun-alun Kajen Pekalongan, kemarin.

Halaman Selanjutnya
img_title