Dihadapan Ribuan Petani, Presiden Jokowi Janji Tambah Subsidi Pupuk: Pak Mentan Pantau!

Presiden Jokowi bersama Mentan Amran tambah subsidi pupuk
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Presiden Jokowi mengatakan, saat ini banyak negara sedang mengalami krisis pangan. Ia lantas menjelaskan, ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Sidak Penjual Hewan Kurban

“Dunia sekarang ini sedang krisis pangan, karena pandemi belum selesai, memperbaiki ekonomi belum selesai," katanya saat menyapa puluhan ribu petani, penyuluh dan Babinsa se-Jawa Tengah, di Alun-alun Kajen, Pekalongan, dikutip pada Rabu, 13 Desember 2023. 

Menurutnya, selain masalah pandemi, saat ini sudah masuk perubahan iklim.

Kisah Mencengangkan di Balik Sukolilo Pati Jawa Tengah

"Sehingga ada gelombang panas yang panjang, menyebabkan banyak gagal panen di semua negara dan sekarang ini terjadi krisis pangan, harga pangan naik,” tuturnya di dampingi Mentan Andi Amran Sulaiman.

Selain itu, Presiden Jokowi mengatakan, kondisi ini diperburuk dengan adanya ketegangan politik antara Rusia dan Ukraina.

Terungkap! SYL dan Keluarga Sekali Makan Siang Rp10 Juta, Termasuk Wine: Yang Bayar Kementan

Itu juga berdampak pada petani, karena bahan baku industri pupuk di Indonesia berasal dari negara tersebut. Kendala ini menjadikan harga pupuk meningkat. 

“Akan tetapi akhir 2023 dan awal 2024, Menteri Pertanian akan pantau terus agar tidak ada masalah dilapangan. Subsidi pupuknya akan saya tambah karena supply pupuknya juga ada. Berapa? Sebentar saya akan umumkan, tunggu saya ketemu Menteri Keuangan ya,” kata Jokowi. 

Halaman Selanjutnya
img_title