Pilpres 2024 Berpotensi Satu Putaran, Ipsos: Kunci Keberhasilan Paslon Nomor 2 Mirip Jokowi-Ma'ruf

Sktech paslon capres
Sumber :
  • Tvonenews

Siap –Lembaga riset internasional Ipsos Public Affairs telah mengeluarkan prediksi menarik terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Menurut pengamat politik Arif Nurul Imam dari Ipsos, pilpres berpotensi berlangsung satu putaran jika paslon nomor 2 mampu menarik sebagian besar pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin dalam dua bulan ke depan.

"Jika dalam dua bulan kedepan paslon nomor dua bisa menarik sebagian besar dari undecided voters yang memilih Jokowi – Ma’ruf Amin di 2019, maka bisa dipastikan pilpres akan berlangsung satu putaran," ujar Arif Nurul Imam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin 11 Desember 2023.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Hasil survei Ipsos pada November 2023 menunjukkan bahwa 12,26% pemilih masih belum menentukan pilihan. 

Arif menyebut bahwa sebagian dari mereka merupakan pemilih non-partai yang sebelumnya mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019.

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

Dalam simulasi tiga kandidat capres-cawapres Pilpres 2024, Prabowo SubiantoGibran Rakabuming Raka memimpin dengan 42,66%, disusul oleh Ganjar PranowoMahfud MD (22,95%) dan Anies BaswedanMuhaimin Iskandar (22,13%). Sebanyak 12,26% pemilih tidak memberikan jawaban.

Menurut Arif, melonjaknya elektabilitas Prabowo-Gibran dipicu oleh persepsi publik bahwa dukungan Jokowi kemungkinan besar akan diberikan kepada pasangan calon nomor dua, menjadi magnet bagi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin 2019 untuk memberikan dukungan.

Halaman Selanjutnya
img_title