Terbongkar! Jokowi Murka Saat Sudirman Said Bocorkan Rahasia Korupsi Setya Novanto

Sudirman said
Sumber :
  • Tvonenews

Siap –Sebuah fakta mengejutkan terungkap dari juru bicara (jubir) Anies Baswedan, Sudirman Said, yang mengungkapkan bahwa dia pernah dimarahi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melaporkan tindak korupsi Setya Novanto ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). 

KPK Lelang Ruko Hasil Korupsi Eks Wakil Rektor UI di Depok, Segini Nilainya

Waktu itu, Sudirman Said masih menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di era Kabinet Kerja.

Dalam pelaporannya, Setya Novanto diduga mencatut nama Jokowi dan Jusuf Kalla untuk meminta saham kepada PT Freeport Indonesia. 

Wakil Ketua KPK Akui Gagal Berantas Korupsi, Ini Sederet Pemicunya

"Kalau saya boleh tambahkan, ketika saya melaporkan kasus Pak Novanto ke MKD, itu presiden (Jokowi) sempat marah. Saya ditegur keras," ujarnya di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Jumat 1 November 2023

Tidak hanya itu, Sudirman Said juga menegaskan bahwa Jokowi menuduhnya sebagai dalang yang memerintahkan untuk melaporkan kasus Setya Novanto yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua DPR RI. 

Polemik Judi Online, Menkominfo hingga Wulan Guritno Jadi Sorotan

"Dituduh seolah-olah ada yang memerintahkan atau ada yang mengendalikan. Padahal itu semata-mata tugas saya sebagai pemimpin sektor. Memang sempat juga Pak Presiden marah juga kepada saya, dan saya menjelaskan tidak ada pihak mana pun yang memerintahkan," jelasnya.

Mantan Ketua KPK, Agus Rahardjo, juga mengaku pernah dimarahi oleh Presiden Joko Widodo saat mengusut kasus korupsi e-KTP yang dilakukan Setya Novanto.

Halaman Selanjutnya
img_title