Buah Simalakama PDIP Terungkap Rumah Dinas Vita Ervina Diobok-obok, Terkait Kasus Dugaan Korupsi SYL

Vita ervina
Sumber :
  • Tvonenews

Siap –Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyisir rumah dinas Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP, Vita Ervina, terkait kasus dugaan korupsi yang melibatkan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

KPK Lelang Ruko Hasil Korupsi Eks Wakil Rektor UI di Depok, Segini Nilainya

Langkah tegas ini dilakukan sebagai bagian dari upaya KPK dalam mengungkap jaringan korupsi yang diduga melibatkan SYL.

Ali Fikri, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, mengonfirmasi bahwa penggeledahan tersebut berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk catatan dokumen dan bukti elektronik yang terkait dengan perkara SYL.

Wakil Ketua KPK Akui Gagal Berantas Korupsi, Ini Sederet Pemicunya

 "Segera disita sebagai barang bukti dalam berkas perkara tersebut," kata Ali dalam keterangannya pada Kamis (16 November 2023).

SYL sendiri tengah dalam proses hukum, ditahan oleh KPK atas kasus dugaan pemerasan, penerimaan gratifikasi, dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) di Kementerian Pertanian RI.

Intip Harta Eks Bupati Kutai Barat, Napi Korupsi yang Cuma Dihukum Tahanan Kota

Tak hanya SYL, KPK juga mengarahkan proses hukum kepada dua orang anak buah SYL di Kementan RI, yaitu Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Kementan, Muhammad Hatta.

Dalam pengembangan kasus ini, KPK menduga SYL memaksa Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementan untuk memberikan setoran dengan ancaman mutasi.

Halaman Selanjutnya
img_title