Analisa Rocky Gerung Dinasti Politik Jokowi: Evolusi Terbalik atau Ambang Dinastikal Rusaknya Moral

Rocky Gerung
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber. Istimewa

Siap –Dalam sebuah pernyataan kontroversial, Rocky Gerung, intelektual terkenal Indonesia, telah mengkritik keras dinasti politik yang dianggap sedang dibangun oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan putranya, Gibran Rakabuming Raka. 

Respon Anies Soal Parpol Koalisi KIM-Jokowi Disebut Mengusulkan Ridwan Kamil Maju Pilgub Jakarta

Menurut Gerung, upaya untuk menjadikan Gibran sebagai calon wakil presiden dan menempatkannya sebagai ketua umum partai politik memiliki implikasi serius terhadap demokrasi Indonesia.

"Apakah Indonesia akan lolos dari jebakan dinastikal atau memang kita ditakdirkan untuk mengalami evolusi terbalik?Ia merujuk pada pemikiran Charles Darwin tentang evolusi, menyoroti kebutuhan elit politik untuk memahami peran mereka dalam membentuk nasib bangsa,"kata Rocky Gerung, dikutip SiapViva dari akun Youtube Rocky Gerung official

Sentil Kemunduran Demokrasi di Indonesia, Guru Besar UI Sebut Hukum Jadi Alat Politik Penguasa

Menurut Gerung, elit politik Indonesia tampaknya lebih fokus pada kekuasaan dan kekayaan daripada pada pengetahuan, integritas, dan kebijaksanaan.

Kritik tajam Gerung ini terutama ditujukan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) dan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

MK Gelar Putusan Dismissal Akui Sulit Loloskan Ambang Batas PPP

Ia mempertanyakan apakah elit politik, termasuk Jimly Asshiddiqie dan tim MKMK, mampu memandu bangsa ini keluar dari krisis konstitusional yang sedang dihadapi.

Gerung juga membahas penggunaan dana yang signifikan dalam pemasangan baliho oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di seluruh Indonesia. Ia mempertanyakan asal-usul dana ini dan mengungkapkan kecurigaan bahwa ada operasi rahasia yang mendukung pemasangan baliho PSI. 

Halaman Selanjutnya
img_title