Jokowi Tegaskan Netralitas ASN, Tapi Mengapa Wamen Malah Dukung Calon Presiden?

Presiden jokowi
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber tvonenews.com

Siap –Presiden Joko Widodo secara tegas menyuarakan keprihatinannya terkait dukungan yang diberikan oleh sejumlah aparatur sipil negara (ASN) kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilihan Umum 2024. 

Kantongi SK DPP PKB, Supian Suri Tegas Ingin Jadi Wali Kota Depok, Bukan Kelompok

Pada kunjungan kerja di area proyek pembangunan Jalan Tol IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu (1/11/2023), Presiden Jokowi menegaskan pentingnya netralitas bagi semua ASN, termasuk TNI dan Polri.

"Perlu saya sampaikan bahwa pemerintah daerah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, pemerintah kota, pemerintah pusat, semuanya harus netral. ASN semua harus netral. TNI semua harus netral. Polri semua harus netral," ujar Presiden.

Ini Bocoran Bawaslu soal Daerah Rawan Pelanggaran di Pilkada, Depok Urutan Berapa?

Presiden Jokowi juga mengingatkan pemerintah daerah untuk menjaga komunikasi yang baik dengan pengurus partai di daerah guna menghindari miskomunikasi yang dapat merugikan situasi politik.

Meski Presiden telah mengingatkan tentang netralitas ASN, dua wakil menteri (wamen) Jokowi, yaitu Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Paiman Raharjo, serta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) Raja Juli Antoni, justru secara terang-terangan memberikan dukungan kepada pasangan calon tertentu.

Deolipa soal Dalih ASN Depok di Acara Deklarasi IBH: Wali Kota Harusnya Dikonfrontir

Video singkat yang beredar di media sosial menunjukkan Paiman Raharjo memimpin rapat yang membahas dukungan kepada calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka.

 Dalam video tersebut, Paiman menyatakan.

Halaman Selanjutnya
img_title