Perdebatan Panas: Apakah Indonesia Milik Rakyat atau Keluarga? PAN Kontra Anies Baswedan

Viva yoga
Sumber :
  • Siap.Viva.co.id sumber. Istimewa

Siap –Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, memberikan tanggapan tegas terkait pernyataan dari calon presiden Anies Baswedan mengenai kepemilikan negara.

PKB Pertimbangkan Lebih Banyak Wakil Anies Cak Imin: Belum Memiliki Niat Memasangkan dengan Sohibul

Anies Baswedan sebelumnya menyatakan bahwa negara adalah milik rakyat, bukan milik satu atau dua keluarga.

 Viva Yoga mengingatkan bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang menganut sistem demokrasi, bukan monarki, sehingga pernyataan tersebut sejalan dengan prinsip demokrasi yang dianut oleh negara ini.

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Dalam wawancara dengan wartawan pada Sabtu, 28 Oktober 2023, Viva Yoga menjelaskan bahwa dalam sistem monarki, kepemimpinan cenderung diwariskan kepada keturunan, menciptakan dinasti politik.

"Indonesia adalah negara yang menganut sistem demokrasi, bukan monarki," ujar Viva Yoga kepada wartawan,dikutip Siap Viva? Sabtu 28 Oktober 2023.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

 Sebaliknya, dalam sistem demokrasi yang dianut oleh Indonesia, pemimpin dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum.

Viva Yoga menjelaskan perbedaan antara sistem monarki yang melibatkan penunjukan berdasarkan keturunan atau klan, dengan politik demokrasi di Indonesia yang melibatkan kompetisi terbuka untuk memperoleh jabatan publik melalui pemilihan langsung oleh rakyat.

Halaman Selanjutnya
img_title