Hadapi Tengkulak, Pakar Ekonom Dukung Kementan Dongkrak Kesejahteran Petani, Ini Caranya!

Ilustrasi petani
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Isu kesejahteraan kaum petani masih jadi sorotan banyak pihak. Salah satu pemicunya adalah rendahnya harga jual hasil produksi pertanian.

Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Sidak Penjual Hewan Kurban

Menurut Pengamat Ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Surya Vandiantara mengatakan, bahwa bantuan permodalan pertanian dengan suku bunga rendah dapat membantu petani menghindari ketergantungan pada pinjaman modal dari tengkulak.

Ini seringkali mengakibatkan petani menjual hasil produksi pertanian mereka dengan harga lebih rendah kepada tengkulak, dibandingkan dengan harga pasar.

Terungkap! SYL dan Keluarga Sekali Makan Siang Rp10 Juta, Termasuk Wine: Yang Bayar Kementan

"Pemerintah seperti Kementerian Pertanian yang telah memberikan bantuan modal dapat membantu petani untuk menjual hasil produksinya dengan lebih menguntungkan, melalui mekanisme pasar yang lebih sehat," katanya dikutip pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Selain itu, menurut Surya, bahwa bantuan modal juga dapat memudahkan bagi orang-orang yang ingin memulai bertani, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

Modus SYL Manjain Biduan Nayunda, Bermula dari Kirim Stiker WA, Lanjut Apartemen hingga...

"Bagi petani yang telah memiliki pengalaman, bantuan modal dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas pertanian," jelasnya.

Selain itu, Surya juga menyoroti pentingnya membuat bantuan modal pertanian dari pemerintah dapat diakses oleh seluruh kalangan petani, tidak hanya yang memiliki produktivitas tinggi.

Halaman Selanjutnya
img_title