Nikmatnya Sarapan dengan Lontong Tuyuhan Khas Rembang

Ilustrasi lontong tuyuhan
Sumber :
  • Istimewa

SiapLontong Tuyuhan adalah salah satu makanan khas Rembang, Jawa Tengah. Warga Rembang dan sekitarnya pasti tak asing dengan hidangan ini.

Wajib Cicipi! 7 Kuliner Khas Kalimantan Timur Lezat dan Mengunggah Selera

Ternyata kuliner ini sudah terkenal sampai ke luar daerah Rembang. Dinamakan lontong tuyuhan karena pembuat dan penjual makanan ini awalnya berasal dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Rembang.

Lontong tuyuhan berupa irisan lontong yang disiram dengan kuah opor ayam kental dan pedas. Namun, bentuk lontong berbeda dari biasanya, karena lontong tuyuhan berbentuk segitiga.

Wajib Coba! 5 Rekomendasi Tempat Makan Bubur Pedas Gurih di Pontianak

Tak ada sayur-mayur yang disertakan dalam masakan ini. Perpaduan antara lontong yang lembut dengan kuah opor dan ayam yang gurih pasti menambah selera makan. Apalagi aroma rempah-rempah dari bumbunya terus terasa sampai habis.

Sepintas kuah lontong tuyuhan ini mirip kuah opor, namun lebih berempah. Ada sedikit tendangan pedas di dalamnya. Warna kuah yang keruh barangkali karena bumbunya yang cukup kaya.

Wajib Coba! 3 Rekomendasi Warung Bubur Ayam Paling Enak di Depok

Bumbu-bumbu yang digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, daun jeruk, laos, cabai, garam, pala, kunyit dan jahe.

Ilustrasi lontong tuyuhan

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
img_title