Cegah Praktek Calo, Wakil Walikota Depok Imam Budi Sidak di Pelayanan Publik Pemkot Depok

Wakil Walikota Depok Imam Budi Sidak di Pelayanan Publik Pemkot Depok
Sumber :
  • Dok. Diskominfo

Siap – Dalam upaya memberantas praktik percaloan di lingkungan pemerintahan, Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa unit pelayanan publik Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Selasa (11/6) kemarin.

Kunjungan ini bertujuan memastikan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bebas dari percaloan dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Sidak yang dilakukan oleh Wakil Walikota Depok, dimulai dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk melihat pelayanan pembuatan surat AK-1 (kartu kuning), hingga Dinas Sosial (Dinsos) Depok. Inspeksi mendadak ini mengejutkan para petugas dan masyarakat yang tengah mengurus berbagai pelayanan di loket-loket yang tersedia.

"Saya ke sini mendadak untuk melihat pelayanan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Depok, baik terkait kependudukan, pelayanan surat AK-1, dan pelayanan dinas sosial," ujar Imam Budi Hartono.

Selama kunjungan, Imam juga berinteraksi langsung dengan warga yang sedang mengakses layanan.

Banyak warga yang menyatakan rasa syukur dan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Pemkot Depok.

Menurutnya, pelayanan yang cepat, mudah, dan gratis adalah kunci kenyamanan bagi warga Kota Depok.

"Tidak ada calo, no calo-calo. Alhamdulillah, saya bersyukur kalau kondisinya begini terus. InsyaAllah, Kota Depok menjadi kota yang nyaman dan friendly city, bersahabat dengan para pendatang maupun bagi warga Depok yang ingin tinggal di sini," tambahnya.

Selain itu, Wakil Walikota Depok juga menyoroti inovasi digital yang diterapkan dalam pelayanan tenaga kerja. Aplikasi Bursa Kerja Online dari Disnaker telah membantu sekitar 5.000 orang dalam setahun terakhir, dengan 2.000 orang berhasil mendapatkan pekerjaan, baik di dalam maupun luar negeri.

Hal ini menunjukkan bahwa angka pengangguran di Depok semakin berkurang berkat program yang berjalan dengan baik.

Komitmen Depok Tingkatkan Inovasi Pelayanan Publik

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, menekankan pentingnya peningkatan fasilitas untuk kenyamanan warga, seperti tempat duduk, fasilitas minum gratis, dan ruang bermain anak.
 
"Peningkatan yang kita lakukan adalah peningkatan fasilitas kenyamanan, misalkan tentang tempat duduknya, fasilitas minum gratis, sehingga mereka lebih nyaman," jelasnya.

Dirinya juga menekankan pentingnya kepastian waktu pelayanan, yang menurutnya sangat diharapkan oleh warga.

"Saya lihat semua sudah dilakukan dengan baik oleh Dinas Kependudukan, Dinas Sosial, maupun Dinas Tenaga Kerja," katanya.

Selain itu, layanan pengaduan online melalui Depok Single Window (DSW) juga menjadi perhatian.

"Kita ada pengaduan secara online melalui DSW terhadap pelayanan-pelayanan yang ada. Alhamdulillah, untuk pelayanan kemasyarakatan saya lihat hari ini sudah sangat bagus. Tinggal pengaduannya kita tingkatkan, sehingga kalau ada oknum-oknum yang ingin menjadi calo, itu harus kita segera selesaikan," tegas Bang Imam.

Terkait publik figur yang memuji pelayanan publik di Kota Depok, Imam Budi Hartono menganggap testimoni dari public figure sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan warga terhadap pelayanan yang ada.

Dengan kunjungan ini, Imam berharap pelayanan publik di Kota Depok terus meningkat dan semakin dipercaya oleh masyarakat.

"Ini menjadi penting bahwa tidak hanya disampaikan oleh kami sebagai penyelenggara pemerintah, tetapi bisa disampaikan bagaimana mereka (public figure maupun masyarakat) merasakan kenyamanan, kemudahan, dan cepat dalam pelayanan itu," tandasnya.

Dengan langkah-langkah ini, Pemkot Depok berharap dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah kota.