Banjir Bandang Terjang Sosok Kalbar, Arus Lalu Lintas Sanggau ke Kuching Lumpuh

Banjir setinggi 1 meter terjang Desa Sosok Sanggau, Kalbar
Sumber :
  • Ngadri/siap.viva.co.id

SIAP VIVABanjir bandang setinggi 1 meter menerjang Desa Sosok, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, pada Jumat 18 Oktober 2024. Akibat banjir tersebut arus lalu lintas 5 Kabupaten lumpuh.

Kepala Seksi (Kasi) Tanggap Darurat BPBD Sanggau, Sigit Purnomo menjelaskan, banjir yang terjadi di Desa Sosok karena luapan sungai Sekayu dan Sungai Tayan yang melintasi Desa Sosok sehingga mengakibatkan banjir .

‘’Banjir dampak dari tingginya curah hujan terjadi mulai dari pukul 04.00 16 Oktober 2024 dan banjir sampai saat ini cenderung makin naik,’’jelas Sigit Purnomo saat dihubungi siap.Viva.co.id.

Sigit menambahkan, beberapa dusun di wilayah desa sosok yang terendam banjir dengan ketinggian berkisar 1 meter sampai 4 meter. Kemudian di area perumahan penduduk juga terendam hingga 1,5 meter.

‘’Kondisi banjir tersebut menghambat akses transportasi Sanggau menuju Pontianak begitu sebaliknya Pontianak menuju Sanggau, PPLB Entikong-kuching, Sekadau-Sintang-Melawi-Kapuas Hulu memutus akses transportasi ke 5 Kabupaten,’’tambahnya.

Lebih lanjut, Sigit mengungkapkan, Dusun yang terdampak banjir Sosok 1, Sosok 2, Sekayu Tabat, Barage, Tahan, Moling, Dangku dan Perayaan Dangku.

‘’Rumah Warga yang terdampak banjir 8 Dusun. Data sementara yang masuk ke Posko Banjir Desa Sosok sebanyak 931 KK/3403 Jiwa. Jumlah warga terdampak diperkirakan masih akan bertambah karena saat ini wilayah Sosok sedang diguyur hujan lebat,’’ungkapnya.