Solmadapar Ingatkan Negara Tentang Pelanggaran HAM dan Tragedi September Hitam

Solmadapar Kalbar Gelar Aksi Unjuk Rasa Turun Kejalan
Sumber :
  • Ngadri/siap.viva.co.id

Siap – Puluhan Mahasiswa yang tergabung pada Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Pengemban Amanat Rakat (Solmadapar) Kalbar menggelar aksi unjuk rasa turun kejalan mengingatkan kepada negara tentang pelanggaran HAM dan tragedi September hitam di Bundaran Tugu Digulis Untan, Pontianak, pada Senin, 30 September 2024.

Dari pantauan dilapangan, para pengunjuk rasa tersebut membawa sepanduk berwarna hitam yang bertuliskan ‘’DPR Selamat Pelantikan’’ Kemudian ‘’Kasus HAM Jangan Dilupakan dan ‘’Menolak Bungkam September Hitam’’.

Koordinator aksi unujuk rasa, Agim Nastiar mengatakan, aksi turun kejalan tepatnya dihari pelantikan DPRD Provinsi Kalbar sekaligus mengingatkan bahwa negara tidak boleh lupa akan pelanggaran HAM dalam sejarah September Hitam.

‘’Kami menuntut pihak yang berwenang untuk bertanggung jawab atas segala bentuk pelanggaran HAM yang terjadi di seluruh Indonesia,’’ujar Agim Nastiar kepada sejumlah wartawan.

‘’Kami menyambut kecewa kepada pemerintah yang tak pernah peduli dengan kasus ini bahkan setelah beberapa kali pergantian presiden dan DPR,’’tambahnya.

Agim menambahkan, Solmadapar menuntut negara mengusut kembali tentang begitu banyaknya kasus pelanggaran HAM yang tidak tertuntaskan.

‘’Kami menuntut kepada negara untuk mengusut tuntas banyaknya kasus pelanggaran HAM yang belum tertuntaskan,’’pungkasnya.