Drama Kasus Vina Cirebon Game Over Pasca Muncul Hasil Ekstraksi HP Vina, Bukti Digital Lebih Akurat

Potret kolase Roy Suryo kasus Vina Cirebon
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Drama kasus Vina Cirebon seolah menemui titik akhir alias game over setelah isi percakapan dalam gawai atau handphone milik vina berhasil di ekstraksi, bahkan hasil ekstraksi yang kini telah beredar luas ditengah masyarakat dibenarkan oleh pakar telematika Roy Suryo.

Menolak Lupa, Marliyana Beberkan Secara Gamblang Rencana Pembunuhan Vina, Sakit Hati Cinta Ditolak?

Ia mengatakan bahwa ekstraksi tidak lagi membutuhkan handphone yang sudah ada karena semua data percakapan kita itu sudah terekam dalam data operator.

"Maksudnya data percakapan itu bukan termasuk voice nya, kalau suaranya tidak, kecuali ada permintaan jauh hari sebelumnya, dan soal rekaman suara itu ada," kata Roy Suryo seperti dikutip youtune Cumi cumi.com, Selasa 13/8/2024.

Geger Kesaksian Dede dan Liga Akbar di Sidang PK, Elza Syarief: Asal Ngomong, Ga Ada Legalitasnya!!

Lebih lanjut Roy Suryo mengatakan, rekaman suara itu bisa diminta misalnya seperti kasus di KPK, tapikan dalam kasus Vina Cirebon ini tidak begitu.

"Tapi semua pembicaraan yang menggunakan SMS yang menggunakan operator dan telpon artinya notifikasi telpon vina ke siapa dan itu semua tercatat dalam data operator," terangnya.

Sesumbar Elza Syarief Soal Rudiana Diminta Hadir di Sidang PK, Siapa yang Manggil, Hakim? Ga Bisa!!

"Nah operator itu menyimpan dalam bentuk CDR (call data record information) dan ini cepat dibuka, kalau dalam periode tertentu mungkin 4-6 bulan itu masih ada dan kalau melebihi itu operator tidak cukup servernya untuk menyimpan, biasanya ada dalam bentuk copy an backup," sambung Roy Suryo.

Ekstraksi itu, kata Roy Suryo, pastinya melalui berbagai proses dan itu dapat diminta oleh pihak yang berwajib untuk kasus kasus tertentu, dan kasus Vina Cirebon ini layak dilakukan itu.

Halaman Selanjutnya
img_title