Peringatan Dini BMKG! Sejumlah Wilayah Indonesia Dilanda Hujan Lebat dan Petir

Ilustrasi petir menyambar BMKG
Sumber :
  • pixabay.com

Siap – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sejumlah wilayah di Indonesia pada, Jumat, 9 Agustus 2024, bakal dilanda hujan sedang hingga lebat dan disertai petir.

Waspada! Ini Sederet Wilayah Terdampak Gempa Dangkal Bandung, Terparah di Kertasari

Peringatan dini pun dikeluarkan untuk Aceh, Gorontalo, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara. 

Selain itu, Lampung, Maluku Utara, Papua, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara.

Gempa Dangkal yang Hantam Bandung Hari Ini Akibat Sesar Garsela, Apa Itu?

Prakirawan Cuaca BMKG Ida Pramuwardani mengatakan untuk Sulawesi Selatan berada pada status siaga, dengan sejumlah risiko yang perlu diperhatikan, antara lain gangguan lalu lintas, gangguan skala sedang dan jangka menengah dalam mengakses layanan air bersih atau minum, listrik, dan gas.

Ia menambahkan bahwa gangguan pada kelancaran aktivitas sekolah dan rumah sakit, kerusakan pada jembatan, jalanan, gangguan lalu lintas, serta mulai terjadi kerusakan pada rumah merupakan hal lainnya.

Kesaksian Guru Lihat 3 Muridnya Tertimpa Bangunan Sekolah Akibat Gempa Dangkal Bandung

Sejumlah wilayah dikategorikan sebagai waspada, kata dia, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Aceh, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Lampung.

Dia menjelaskan tentang sejumlah langkah antisipasi, seperti berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruangan, mencari informasi kebencanaan dari pihak-pihak terkait, mengamankan dokumen-dokumen penting, menghemat penggunaan listrik, air, dan gas, dan tidak menggunakan transportasi darat bila tak mendesak.