Nasib Tragis Gedung Bersejarah di Balik Doa Belanda Depok untuk Supian Suri

Eks Gedung SDN Pancoran Mas II di Kota Depok
Sumber :
  • siap.viva.co.id

SiapDepok merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki cukup banyak bangunan bersejarah. Namun sayangnya, hal tersebut kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah (Pemda).

Sat Set Maksimalkan Kesehatan Warga Depok, Supian-Chandra Janjikan Posyandu Modern

Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein atau YLCC mencatat, sedikitnya ada 21 situs bersejarah atau bangunan tua peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri di Kota Depok. 

Namun sayang, dua di antaranya dalam kondisi memprihatinkan, bahkan nyaris ambruk. Bangunan tersebut adalah eks Rumah Sakit Harapan dan SDN Pancoran Mas 2. 

Yakin Menang Pilkada Depok, Kader PSI Ungkap Alasan Partainya Usung Supian Suri-Chandra Rahmansyah

"Ya, di Depok Lama itu nggak bisa dipungkiri bahwa disitulah awal mulanya kita mengenal Depok. Dan itu bisa dibuktikan bahwa di sepanjang Jalan Pemuda itu ada banyak bangunan-bangunan heritage, bangunan yang bersejarah," kata pengurus YLCC bidang sejarah Depok, Boy Loen dikutip pada Senin, 15 Juli 2024. 

Misalnya, ujar Boy, bangunan eks gedung pemerintahanan atau yang dulu disebut Kantoor van Het Gemeentebestuur van Depok dan sempat jadi Rumah Sakit Harapan.

Jalan Sawangan Raya Semakin Runyam, Supian-Chandra Beber Solusi Urai Kemacetan

Lalu ada rumah Presiden ke-lima Depok, ada pula Gereja Emanuel yang cikal, kantor YLCC, dan SDN Pancoran Mas Dua.

"Nah, bagi kami itu kan adalah warisan yang tidak bernilai, tapi tingkat kepeduliannya terhadap itu sangat minim," tutur Boy saat dikonfirmasi siap.viva.co.id 

Halaman Selanjutnya
img_title