Ini Bocoran Bawaslu soal Daerah Rawan Pelanggaran di Pilkada, Depok Urutan Berapa?

Komisioner Bawaslu Jabar, Nuryamah soal Pilkada Depok
Sumber :
  • siap.viva.co.id

Siap – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu telah mengantongi sejumlah peta kerawanan terkait pelanggaran pilkada di sejumlah daerah, salah satunya Kota Depok

PAN Beri Lampu Hijau Pasangan Supian Suri-Intan Fauzi dalam Pilkada Depok, SK Akan Diberikan di Bali

Beberapa point yang jadi sorotan Bawaslu yakni soal netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), kemudian politik uang, dan isu SARA.

"Kenapa ini menjadi tinggi, karena kan head to headnya dan pilkada ini kan dirasakan langsung oleh warga daerah. Nah kita lagi dalam rangkaian menyusun kerawanan-kerawanan itu," kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Jawa Barat, Nuryamah pada Jumat, 14 Juni 2024. 

Dulu Belain Idris, Kini 4 LPM di Bojongsari Berkomitmen akan Mendukung Supian Suri di Pilkada Depok

Ia mengatakan, berkaca dari kasus pemilu 2019, salah satu daerah di Jawa Barat yang cukup tinggi indeks kerawanannya adalah Kabupaten Bandung.  

"Kalau Depok kategori sedang. Ya sedang berarti kan ada pelanggaran tapi tidak masif, atau tidak mampu dibuktikan karena kan untuk melaporkan skoring soal kerawanan ini kan tidak sembarangan," jelasnya.

Raih Gelar Doktor, Supian Suri Persembahkan S3-nya untuk Warga Depok

"Secara urutan mungkin Depok diurutan 11 ya," timpalnya. 

Lebih lanjut Nuryamah mengungkapkan, bahwa pihaknya bersyukur lantaran tingkat partisipasi masyarakat dalam upaya mencegah atau ikut mengawasi pemilu hingga pilkada mengalami peningkatan. 

Halaman Selanjutnya
img_title