Ridwan Kamil Masih Memiliki Elektabilitas yang Cukup Tinggi di Jabar Tapi Jakarta Lebih Strategis

Ridwan Kamil Masih Memiliki Elektabilitas yang Cukup Tinggi di Jabar
Sumber :
  • istimewa

Siap – Analisa politik sekaligus Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia (SDI) Arif Nur Imam menyebut Ridwan Kamil berpeluang besar menang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Begini Jawaban Surya Paloh Soal NasDem akan Mengusung Sahroni atau Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Arif Nurul Imam menilai Ridwan Kamil memiliki elektabilitas yang cukup tinggi di Jawa Barat, lantaran prestasinya selama menjabat menjadi Gubernur di Jawa Barat.

"Sebagai mantan gubernur Jawa Barat, elektabilitasnya sudah teruji, apalagi banyak program dan terobosan yang dirasakan masyarakat saat dia menjabat," ungkap Arif dilansir dari VIVA.co.id, Selasa,11 Juni 2024.

Terbengkalai, Walkot Depok Khawatir SDN Pondok Cina 1 Dihuni Makhluk Lain

Arif mengungkapkan, meskipun sudah tidak menjabat, tetapi masyarakat Jabar masih mengingat nama Ridwan Kamil (RK). Walaupun pada waktu bersamaan RK yang juga kader Golkar, juga didorong maju di Pilkada Jakarta.

"Kalau potensi kemenangan, lebih besar di Jawa Barat, tetapi dilihat dari posisi strategis politik, Jakarta lebih menguntungkan untuk tokoh dan partai politik," ungkapnya.

PAN Beri Lampu Hijau Pasangan Supian Suri-Intan Fauzi dalam Pilkada Depok, SK Akan Diberikan di Bali

Menurut Arif, Ridwan Kamil juga memiliki electoral yang cukup besar di Jakarta, karena provinsi itu merupakan etalase politik nasional. "Pilkada Jakarta, sama dengan pemilihan presiden (pilpres) mini di Indonesia," bebernya.

Disamping itu, kata Arif siapapun tokoh politik yang terpilih di Pilgub Jakarta, tentunya memiliki nilai tawar politik untuk Pilpres selanjutnya, sehingga saat ini partai Golkar masih menimbang untuk menempatkan Ridwan Kamil di Jawa Barat atau di Jakarta.

Halaman Selanjutnya
img_title