Innalillahi! Puluhan Warga Bogor Keracunan, Seorang Dinyatakan Meninggal dunia

Ilustrasi keracunan makanan
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Sebanyak 71 orang warga Kelurahan Cipaku, Kota Bogor, Jawa Barat diduga mengalami keracunan massal dan satu di antaranya meninggal dunia. Mereka terdiri atas anak-anak, dewasa, hingga orang tua dalam rentang usia 1 hingga 69 tahun.

Minum Air Es Usai Makan Bisa Picu Kanker, Benarkah?

Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat melakukan uji laboratorium untuk menelusuri penyebab 71 warga Kelurahan Cipaku terindikasi keracunan.

Kepala Dinkes Kota Bogor Sri Nowo Retno menyampaikan pihaknya mengirim sampel makanan yang dimakan puluhan warga tersebut untuk diuji di laboratorium, termasuk spesimen muntahan dan feses mereka.

Detik-detik Basarnas Evakuasi Dua Jenazah Korban Kapal Tenggelam di Kalbar

"Kami kirim ke lab untuk mencari penyebab. Dugaannya memang dari sumber makanan yang sama di acara haul. Kita akan investigasi telusuri dulu kronologisnya," kata Retno seperti dikutip, Selasa, 4 Juni 2024.

Dari hasil penelusuran sementara, Retno mengatakan makanan itu disantap oleh para pasien pada Sabtu, di mana ternyata makanan tersebut sudah diolah sehari sebelumnya.

Tim SAR Gabungan Temukan Jenazah ABK Kapal Aries Indo Tewas Mengambang di Sungai Kapuas

Retno menyebut, Puskesmas Cipaku pun baru mendapat laporan adanya peningkatan jumlah pasien dengan gejala yang sama pada Senin.

"Jadi, kami Ahad belum dapat laporan, puskesmas belum dapat pasien. Baru dapat peningkatan laporan kasus hampir 50 orang datang. Rupanya dari hasil wawancara mereka mempunyai riwayat yang sama, makan di acara haul," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title