Hasil Putusan MK Soal Sidang Sengketa Hasil Pilpres Jadi Sorotan Media Asing

Potret sidang MK
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Hasil putusan sidang sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi menjadi topik hangat perbincangan publik dan menjadi sorotan media asing.

Menguak Rekam Jejak Prof Marsudi, Rektor Baru UP yang Ternyata Guru Besar IT Pertama di Indonesia

Sejumlah media asing turut serta menyoroti hasil keputusan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) sengketa hasil Pilpres 2024 lantaran ditolaknya semua gugatan pasangan capres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Dalam laporannya, AFP menulis artikel berjudul "Indonesia court rejects presidential election challenges".

Habib Bahar Pasrah Akui Prabowo Presiden: Tapi Bagi Ana Dia Tetap Penghianat

Disebutkan gugatan awalnya muncul karena dugaan peraturan diubah secara tak adil yang memungkinkan putra Presiden RI saat ini Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, mencalonkan diri sebagai wakil presiden (wapres) dari Prabowo Subianto.

"Mahkamah Konstitusi Indonesia pada hari Senin menolak gugatan terhadap pemilihan presiden yang dimenangkan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, setelah saingan utamanya menuduh peraturan diubah secara tidak adil untuk memungkinkan putra pemimpin yang akan keluar itu untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden," tulis laporan tersebut sepert dikutip Selasa (23/4/2024).

Polisi Larang Anggotanya Bawa Ini Saat Pengamanan di Gedung MK, Semua Perintah dan Kendali dari Saya

Dalam laporan tersebut juga menyebutkan, Prabowo, 72 tahun, dikukuhkan pada bulan Februari sebagai pemimpin berikutnya di negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, mengalahkan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan saingannya yang ketiga (Ganjar Pranowo) dengan 58,6% suara.

"Kampanye presiden terpilih ini terperosok dalam tuduhan bahwa pemimpin yang akan segera habis masa jabatannya, Joko Widodo atau yang dikenal sebagai Jokowi, telah ikut campur dalam upaya untuk mendukung kampanye Prabowo,"

Halaman Selanjutnya
img_title