Prediksi BMKG Hujan Petir di Sejumlah Provinsi, Coba Cek Daerahmu Apa Termasuk?

Ilustrasi cuaca ekstrim di Jabodetabek dan prediksi BMKG
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan potensi hujan lebat terjadi di sejumlah daerah Indonesia pada Sabtu, 13 April 2024.

Ketika Pangeran Diponegoro Gagal Naik Haji

Menyitat dari laman BMKG, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Terjadi pula di wilayah Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung.

Breaking News! Gempa Mengguncang Pacitan, Gimana Kondisi Kampung Halaman SBY?

Kemudian di Maluku, NTT, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara kemungkinan juga terjadi hal yang sama.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sebelumnya mengimbau masyarakat berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Akhir Pekan BMKG Prediksi Cuaca DKI Jakarta, Berikut Wilayah Ibu Kota yang Bakal Diguyur Hujan

Ia berharap pemudik untuk secara aktif melihat informasi dan kondisi cuaca terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Jika memang kondisi cuaca sedang buruk, jangan memaksakan diri dan sebaiknya ditunda.

"Lebih baik menunggu sampai kondisi cuaca kembali normal karena sangat membahayakan perjalanan. Pantau terus perkembangan info cuaca dan peringatan dini cuaca, gelombang tinggi, pasang air laut dan tsunami, serta info dini gempa bumi melalui aplikasi InfoBMKG dan Indonesia Weather Information for Shipping (InaWIS)," katanya.