Riau Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan, Tiga Daerah Ini Waspada

Ilustrasi karhutla.
Sumber :
  • viva.co.id

Siap – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menetapkan tiga daerah di Provinsi Riau dalam statu siaga darurat.

Bantu Polisi Evakuasi Warga, Komando Operasi TNI Berhasil Bikin OPM Kocar Kacir

Hal tersebut lantaran tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, BPBD, Manggala Agni, dan Masyarakat Peduli Api masih terus melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Adapun ketiga daerah tersebut di antaranya Kabupaten Kepulauan Meranti, Kota Dumai, dan Indragiri Hulu.

Update Pasca Gempa Garut: 151 Rumah Rusak Pemkab Terbitkan Surat Penetapan Status Tanggap Darurat

"Saat ini tim gabungan masih memadamkan karhutla seperti di Pelalawan yakni di kawasan Teluk Meranti, berikut di Kota Dumai. Namun, sudah dalam tahap proses pendinginan. Pendinginan juga dilakukan di Kabupaten Indragiri Hulu, sedangkan di Kabupaten Kepulauan Meranti juga sudah muncul Karhutla," kata Kepala Pelaksana BPBD Riau M Edy Afrizal seperti dikutip, Kamis, 21 Maret 2024.

Karhutla di Dumai dan Meranti sebelumnya sempat padam. Namun, beberapa hari terakhir terpantau muncul kembali titik karhutla baru seperti di Bukit Kapur, Kota Dumai.

BPBD DKI Jakarta Merilis 9 Wilayah Ibu Kota yang Diprediksi Berpotensi Banjir Pesisir atau Rob

"Tapi bisa langsung ditangani dan saat ini tahap pendinginan. Daerah yang sudah menetapkan status siaga ada tiga yakni Siak, Bengkalis dan Dumai dan untuk daerah lain belum ada," katanya.