Solusi Atasi Banjir, PSI Janji Tak Persulit PJ Heru Anggarkan Bangun Pompa Kali Sunter

Justin Adrian Untayana.
Sumber :
  • Facebook.com/Justin Adrian Untayana

Siap – Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI Justin Adrian Untayana berjanji tak akan persulit Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono untuk mengajukan anggaran pembangunan rumah pompa di Kali Sunter demi meminimalisir banjir.

Anggota DPRD Desak Pemerintah Terapkan Study Tour di Dalam Kota

Hal tersebut seiring dengan rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun pompa air di Kali Sunter tahun depan.

"Pembangunan rumah pompa bilamana diperlukan dan diajukan dalam RAPBDP (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan), tidak akan dan tidak pernah dipersulit dalam pembahasannya di DPRD," kata Justin seperti dikutip, Jakarta, Senin, 4 Maret 2024.

Koalisi Sama-Sama Siap Berlayar, PSI Depok Sarankan Supian Suri Datang ke DPP

Meski demikian, ia juga mengingatkan bahwa penanggulangan banjir di Jakarta solusinya tidak hanya satu. Ia pun menyebut, banyak hal yang harus dilaksanakan bersama.

"Penambahan rumah pompa harus diikuti dengan penertiban tata ruang, pengembangan dan revitalisasi jaringan mikro (jaringan tampung-alir air) sehingga pengaliran air ke sungai-sungai besar utama dapat berjalan dengan lancar," katanya.

BPBD DKI Jakarta Merilis Peringatan Dini untuk Mewaspadai Potensi Banjir Rob 8–12 Mei

Selain itu, Justin juga mendorong untuk membangun underground tunnel sebagai penunjang pengaliran air di DKI Jakarta.

Sebab, kata Justin, banjir DKI Jakarta tidak hanya dapat terjadi karena hujan lokal semata, tapi juga kiriman kawasan hulu yakni dari Bogor dan Depok yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
img_title