Hari Rabu ini, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Naik Pangkat Jadi Jenderal Kehormatan

Prabowo Subianto semasa menjabat Komandan Jenderal Kopassus.
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Hari ini, Rabu (28/2/2024) Prabowo Subianto naik pangkat menjadi bintang 4.

Dirinya naik pangkat dari pangkat terakhir letnan jenderal TNI, menjadi jenderal TNI. Menteri Pertahanan (Menhan) RI tersebut akan menerima pangkat jenderal kehormatan.

Yang menjadi istimewa, penmberian pangkat Prabowo dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Acara penyematan pangkat dilakukan kala Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

"Benar besok Pak Prabowo akan hadir di Rapim TNI dan rencananya akan menerima keppres dari Presiden terkait dengan tanda kehormatan kenaikan pangkat secara istimewa menjadi jenderal TNI," kata juru bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, dalam keterangannya, Selasa (27/2/2024).

Diketahui, pangkat terakhir Prabowo sebelum purna tugas adalah letnan jenderal atau jenderal TNI bintang tiga.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo setelah ini akan menyandang pangkat terakhir jenderal bintang empat.

Menurut Dahnil, kenaikan pangkat Prabowo mengacu Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Penghormatan. Kenaikan pangkat seperti ini, juga pernah diterima Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

"Hal yang sama pernah diperoleh juga Pak Jenderal SBY kemudian Pak Luhut, Pak Hendropriyono dan beberapa tokoh yang lain," tuturnya.

Kementerian Pertahanan pun menjelaskan alasan mengapa Prabowo akhirnya bisa naik pangkat terakhirnya. Ini terkait pengabdian Prabowo kepada Bangsa Indonesia.

"Pemberian jenderal penuh kepada Pak Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusi Pak Prabowo selama ini di dunia militer dan pertahanan," kata Dahnil.

Adapun pihak yang menilai dan mengusulkan Prabowo untuk menerima kenaikan pangkat, ialah Mabes TNI. Usulan itu lalu disampaikan ke Presiden.

"Oleh karena itu Pak Prabowo diputuskan, diusulkan oleh Mabes TNI kepada Presiden untuk diberikan jenderal penuh," kata dia.

Adapun rencananya, Rapim TNI-Polri akan dimulai sekira pukul 09.00 WIB.

"Dan insyaallah besok Pak Prabowo akan menerima tanda kehormatan kenaikan pangkat istimewa tersebut di Mabes TNI," jelas Dahnil.

Diketahui, di militer Prabowo pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus dan Panglima Kostrad. Prabowo akhirnya pensiun dengan tiga bintang di pundak, lantaran disebut-disebut dipecat dari TNI AD, salah satunya gara-gara perkara penculikan aktivis.

Kini, 'karier' Prabowo bersinar kembali. Ia diprediksi menang Pilpres 2024. Setelah sebelumnya berkali-kali tak pernah menang pemilu presiden, Ia berpeluang menjadi Presiden RI periode 2024-2029.

Dari hasil penghitungan quick count sementara mayoritas lembaga survei maupun real count KPU RI, menempatkan Prabowo bersama pasangannya yang adalah putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, unggul dalam kontestasi. Ucapan selamat dari banyak pemimpin negara di dunia pun sudah diterima Prabowo.

Menguak Sosok Zulfikar, 'Tangan Kanan Hercules' yang Incar Rocky Gerung