Persaingan Politik Antara Jokowi dan Megawati Dikupas Media Asing, Bakal Terus Berlanjut

Potret Jokowi dan Megawati
Sumber :
  • istimewa

Siap –Diluar dugaan, isu kerenggangan dan persaingan politik antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ternyata menjadi sorotan media asing.

Muncul Sinyal Dukungan Partai NasDem untuk Kaesang di Pilkada Jakarta, Asal Mau Jadi Cawagub Anies

Bahkan, media asing tersebut hingga mengeluarkan sebuah artikel yang bernarasi persaingan politik antara Jokowi dan Megawati akan terus berlanjut usai Pemilu 2024.

Dalam sebuah artikel media asing berbasis di Jepang, Nikkei Asia yang berjudul How Dynastic Politics Shaped Presidential Election in Indonesia atau dalam bahasa Indonesia, Bagaimana Politik Dinasti Membentuk Pemilihan Presiden di Indonesia yang terbit pada Minggu (22/2/2024) menyebutkan secara detail analisis terkait hal tersebut.

Dituding Rocky Gerung Masuk Angin soal Pilgub Jakarta, Ini Jawaban PKS

Berdasarkan analis Nikkei Asia  riwayat politik Jokowi hingga kini bisa menjadi presiden RI dua periode, termasuk persaingannya dengan Megawati yang makin kentara jelang pemilu 2024 ini.

Para analis memaparkan selama menjabat terutama saat periode kedua, Jokowi semakin terlihat berupaya mempertahankan pengaruhnya.

Pilu, Ibu Kandung Pegi Setiawan Minta Tolong Jokowi Usai Sidang Ditunda, Kami Orang Miskin

Hal itu disebut semakin jelas ketika sang menantu, Bobby Nasution, dan anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, masuk bursa Pilkada Medan serta Solo pada 2020 dan memenangkan pertarungan.

Kemudian, langkah Jokowi pun semakin nyata terlihat ketika anak ketiganya, Kaesang Pangarep, didapuk menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Halaman Selanjutnya
img_title