APPTN Sampaikan Keluh Kesah Petani Tembakau ke 3 Paslon Presiden-Wakil Presiden

Asosiasi Petani dan Pekerja Tembakau Nusantara
Sumber :
  • APPTN (Siap.viva.co.id)

Siap – Asosiasi Petani dan Pekerja Tembakau Nusantara (APPTN) mendatangi rumah setiap tim pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk menyampaikan keluh kesah para pekerja tembakau di Indonesia, Sabtu (3/2/2024). Agenda dimulai mendatangi Markas Pemenangan AMIN dan diakhiri dengan mengunjungi rumah pemenangan Prabowo - Gibran di Kebayoran Baru.

Kantongi SK DPP PKB, Supian Suri Tegas Ingin Jadi Wali Kota Depok, Bukan Kelompok

Samukrah Koordinator Nasional APPTN mengatakan saat ini para pekerja tembakau merasa dianak tirikan oleh pemerintah. Menurutnya, banyak aturan-aturan pemerintah yang tidak memihak ke pekerja tembakau.

“Belakangan ini kami merasa termarjinalkan. Tersingkirkan dari dunia kehidupan kami. Yang seharusnya kamu harus sejahtera karena regulasi, regulasi itu kurang memihak kepada kami,” ucapnya di rumah tim pemenangan Prabowo - Gibran, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pastikan Datang Penuhi Panggilan Polisi, Hasto Imbau Kader PDIP Tetap Tenang

Keluh kesah ini kemudian disampaikan dalam bentuk surat yang ditujukan ke setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden. Dengan harapan ketika salah satu pasangan calon menang maka surat itu menjadi pertimbangan dalam membuat regulasi terkait pekerja tembakau Indonesia.

“Siapapun yang terpilih menjadi presiden, harus ada keberpihakan kepada kami. Yang pertama tentu topik besarnya kami minta perlindungan regulasi apa yang ditawarkan kepada kami,” kata Samukrah.

Pernyataan Menohok Mahfud Md Sebut Pemilu 2024 Secara Hukum Selesai, Secara Politik Belum

“Dan pasal-pasal di RPP yang mengancam keberlangsungan ekosistem pertembakauan. Seolah-olah meminta kami berhenti menanam tembakau itu kami minta segera direvisi,” lanjutnya.

Samukrah menjelaskan sejak tahun 2022, kondisi pekerja tembakau di Indonesia sudah terancam. Salah satu contohnya yakni melarang para petani tembakau untuk memakai pupuk bersubsidi.

Halaman Selanjutnya
img_title