BPBD DKI Jakarta Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem yang akan Melanda Ibu Kota Tiga Hari Kedepan

BPBD DKI Jakarta Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem
Sumber :
  • pixabay

Siap – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga untuk mewaspadai cuaca ekstrim yang diprediksi akan melanda wilayah ibukota selama tiga hari kedepan

Anggota DPRD Desak Pemerintah Terapkan Study Tour di Dalam Kota

Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang mengatakan bahwa warga DKI Jakarta diminta mewaspadai cuaca ekstrem pada 29 Januari-1 Februari 2024.

"Waspada cuaca ekstrem pada 29 Januari-1 Februari 2024," kata Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta, Michael Sitanggang dalam keteranganya, Senin (29/1/2024).

Akhir Pekan, BMKG Memprediksi 2 Wilayah DKI Jakarta Ini Bakal Diguyur Hujan Pada Siang Hari

Peringatan dini tersebut, menurut Michael, berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Yang telah memprediksi adanya potensi peningkatan curah hujan.

"Hasil analisis terkini mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan intensitas sedang-lebat pada 29 Januari - 1 Februari 2024 di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya," ungkapnya.

BPBD DKI Jakarta Merilis Peringatan Dini untuk Mewaspadai Potensi Banjir Rob 8–12 Mei

Lebih lanjut, Michael mengatakan kondisi tersebut dipicu oleh aktivitas Monsun Asia yang disertai adanya potensi seruakan dingin sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

Kondisi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diprediksi akan terjadi selama tiga hari kedepan dikarenakan Masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah juga memicu terjadinya pembentukan awan hujan, serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia.

Halaman Selanjutnya
img_title