BMKG Prediksi Potensi Hujan dengan Intensitas Ringan hingga Lebat akan Terjadi Sampai Bulan Februari

Ilustrasi Banjir di Wilayah Wijaya Timur Dalam Petogogan Kp Sawah
Sumber :
  • siap.viva.co.id/Ria Susanto

Siap – Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat masih akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Breaking News: Gempa Mengguncang Bumi Maluku Senin Sore, Begini Kondisinya

Dalam 24 jam terakhir hingga 28 Februari 2024 pukul 07.00 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

"Seperti Banten (118 mm), Bali (73.9 mm), Nusa Tenggara Timur (70.0 mm), DKI Jakarta (62 mm), dan DI Yogyakarta (56.4 mm)," ungkap Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, Minggu (28/1/2024).

Breaking News! Cianjur Kembali Diguncang Gempa Darat: Ya Allah Ngeri

Guswanto menjelaskan, bahwa hasil analisis dinamika atmosfer terkini, berpotensi terjadinya hujan dengan variasi intensitas yang beragam di wilayah Indonesia.

Potensi terjadinya hujan dengan variasi intensitas yang beragam tersebut diprediksi masih dapat terjadi hingga memasuki periode awal Februari 2024.

Breaking News: Cianjur Diguncang Gempa Usai Magrib, Begini Kondisinya

Lebih lanjut Guswanto juga menambahkan, kondisi tersebut dipicu oleh aktivitas Monsun Asia yang disertai adanya potensi seruakan dingin sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

"Selain itu, masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah turut memicu pembentukan awan hujan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title