Debat Cawapres Singgung Masyarakat Adat, Berikut Empat Tradisi yang Masih Terjaga

Tradisi Seren Taun suku Sunda di Kuningan, Jawa Barat.
Sumber :
  • Pemkab Kuningan

Siap – Dalam Debat Cawapres ke-4 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ahad, 21 Januari 2024 kemarin malam, para calon wakil presiden sempat singgung soal eksistensi masyarakat adat.

PAN Beri Lampu Hijau Pasangan Supian Suri-Intan Fauzi dalam Pilkada Depok, SK Akan Diberikan di Bali

Diketahui, Indonesia memiliki beragam adat dan tradisi yang beragam serta tak terhitung banyaknya. Dari sekian adat dan tradisi tersebut bahkan masih terjaga sampai sekarang.

Dalam masyarakat adat atau tradisi tersebut masih dipraktikkan sebagai bagian dari kebudayaan atau kearifan lokal. Upacara adat masyarakat kita begitu khas dan unik. Tak ayal lagi, tradisi tersebut kemudian menjadi ritual tahunan dan memiliki daya tarik bagi wisatawan. 

Peringati Hari Jadi Bogor ke-542, DPRD Kabupaten Beri Tiga Tokoh Sunda Penghargaan

Tradisi merupakan salah satu unsur kebudayaan yang meliputi cara, sikap, kepercayaan ataupun kegiatan manusia suatu penduduk atau kelompok yang sangat khas. Apalagi, peran tradisi begitu penting sebagai perekat sosial sebuah kelompok.

Berikut ini upacara adat atau tradisi masyarakat pelbagai daerah di Indonesia yang masih lestari hingga kini.

Polisi Ungkap Alasan Buronan Thailand Memilih Indonesia Jadi Tempat Bersembunyi, Sempat dari India

1. Tradisi Aruh Baharin, Kalimantan Selatan

Upacara Aruh Baharin merupakan tradisi khas masyarakat Suku Dayak yang berdiam di Dusun Halong, Desa Kapul, Balangan, Kalimantan Selatan. Tradisi ini biasanya digelar setelah musim panen ladang.

Halaman Selanjutnya
img_title