Gunung Merapi Kembali Muntahkan Awan Panas, Pesan Mbah Maridjan Kembali Viral di Medsos

Potret Gunung Merapi
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Video Mbah Maridjan sang juru kunci Gunung Merapi yang meninggal dunia di tengah letusan gunung pada 2010 silam sempat menyampaikan pesan mengenai apa yang harus dilakukan ketika terjadi letusan kembali viral di media sosial setelah Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas pada Kamis malam, 18 Januari 2024.

Diduga Kena Mental Gegara Marshel Banjir Kritikan Pedas, Sang Istri Unggah Status Begini di Medsos

Gunung Merapi yang berada di kawasan Provinsi Jawa Tengah dan DIY tersebut mengeluarkan dua kali awan panas dan guguran yang dimuntahkan Merapi dengan jarak luncur 2.400 meter atau 2,4 kilometer. 

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Agus Budi Santoso menyebut bahwa guguran awan panas tersebut terjadi sekitar pukul 19.56 dan 20.03 WIB.

Mendadak Viral Gegara Nyalon Jadi Calon Walikota Tangsel, Begini Masa Lalu Marshel Widianto

Awan panas tersebut meluncur ke arah Kali Bebeng.

"Terjadi Awan Panas Guguran di Gunung Merapi tanggal 18 Januari 2024 pukul 19:56 WIB dan 20.03 WIB. Awan panas guguran dengan Amplitudo max 35 mm, durasi 227 detik dan 242 detik. Jarak luncur 2400 meter ke Barat Daya ( Kali Bebeng)," kata Agus dalam keterangan tertulisnya.

Geger, Akun Facebook Vina Cirebon Mendadak Aktif dan Minta Pertolongan Kapolri, Kami Diancam...

Lebih lanjut Agus mengatakan, saat ini kondisi Gunung Merapi secara visual berkabut. Arah angin mengarah ke sisi Tenggara dan Gunung Merapi saat ini diguyur hujan.

Untuk itu Agus mengingatkan bahwa potensi bahaya lahar di sungai yang berhulu di Gunung Merapi hingga ancaman awan panas. 

Halaman Selanjutnya
img_title